Korelasi Program Akselerasi Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Zahro, Fatimatuz (2015) Korelasi Program Akselerasi Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatuz Zahro_084 101 214.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menghadapi persaingan global kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kebutuhan yang sangat mendesak agar dapat sejajar dengan warga dunia lainnya. Artinya, Indonesia harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, kreatif, inovatif, mandiri, dan memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif untuk menghadapi persaingan global. Melayani siswa yang memiliki potensi, bakat dan kemampuan yang luar biasa diperlukan suatu program khusus yang dapat mewujudkan bakat dan kemampuannya secara optimal, mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar siswa secara lebih komprehensif, optimal dan mengembangkan kreativitas secara optimal. Di Indonesia telah disediakan program khusus untuk anak yang mempunyai kemampuan yang luar biasa, yakni program percepatan belajar (akselerasi). Akselerasi menurut Oemar Hamalik dalam Ahmadi berarti memberi kesempatan kepada siswa yang bersangkutan untuk naik tingkat kelas berikutnya lebih cepat satu atau dua sekaligus. Bersumber dari latar belakang tersebut maka masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Adakah korelasi program akselerasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Adapun pokok masalahnya adalah “Adakah korelasi program akselerasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Sedangkan sub pokok masalahnya adalah: 1) Adakah korelasi program akselerasi dengan motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember 2014/2015? 2) Adakah korelasi program akselerasi dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi program akselerasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan tujuan khususnya adalah: 1) Untuk mengkaji korelasi program akselerasi dengan motivasi intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengkaji korelasi program akselerasi dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa akselerasi kelas VII yang berjumlah 16 siswa. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Statistic dengan rumus Product Moment yang ditujukan untuk mengetahui hubungan atau korelasi program akselerasi dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil atau nilai yang diperoleh melalui perhitungan dengan rumus product moment, maka kesimpulan umumnya adalah “Ada korelasi positif yang sangat kuat antara program akselerasi dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015”. Sedangkan kesimpulan khususnya adalah: 1) Ada korelasi positif yang kuat antara program akselerasi dengan motivasi belajar intrinsik PAI siswa di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) Ada korelasi positif yang sangat kuat antara program akselerasi dengan motivasi belajar ekstrinsik PAI siswa di SMPN 3 Jember tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:15
Last Modified: 10 Feb 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18667

Actions (login required)

View Item View Item