Manajemen Personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016

Ulum, Hadi Agus Miftahul (2015) Manajemen Personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HADI AGUS MIFTAHUL ULUM_084 113 010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses atau upaya sadar untuk menjadikan manusia ke arah yang lebih baik. Manajemen personalia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas setiap personil di madrasah. Manajemen personalia merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan suatu kegiatan. Dalam meningkatkan setiap personil yaitu dengan jalan penyisihan dan penyediaan dana untuk kepentingan pelatihan dan pengembangan di suatu lembaga. Fokus penelitian dalam skripsi ini menjadi pokok masalah: bagaimana manajemen personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Dan sub pokok masalah: 1) Bagaimana pengadaan personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana pengembangan personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016?, dan 3) Bagaimana evaluasi personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan umum dalam skripsi ini yaitu untuk mendiskripsikan manajemen personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari tujuan umum tersebut dikembangkan beberapa tujuan khusus sebagai berikut: 1) Untuk mendiskripsikan pengadaan personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendiskripsikan pengembangan personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. 3) Untuk mendiskripsikan evaluasi personalia di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan temuan penelitian, maka kesimpulan dalam skripsi ini yaitu manajemen personalia yang diterapkan di Madarsah Aliyah Negeri 2 Jember, adalah pengadaan yang meliputi rekrutmen dan seleksi, dan penempatan secara umum berdasarkan profesionalisme dan kompetensi keahlian masing-masing personil. Pengembangan dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan, pengintergrasian antara semua personal di madrasah sehingga mampu untuk bekerja dalam satu tim, memberikan kompensasi dan selalu menjalankan pemeliharaan. Evaluasi secara administratif atau tertulis, melihat peningkatan kerja guru lewat daftar hadir, melihat hasil evaluasi nilai mata pelajaran siswa yang merosot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:15
Last Modified: 10 Feb 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item