Penggunaan Media Flanelgraf Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Huruf Hijaiyah Siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Sa'diyah, Hanifatus (2015) Penggunaan Media Flanelgraf Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Huruf Hijaiyah Siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANIFATUS SA’DIYAH_084 116 010.pdf

Download (852kB)

Abstract

Media merupakan bagian dari proses komunikasi. Baik buruknya sebuah komunikasi ditunjang oleh penggunaan saluran dalam komunikasi tersebut. Saluran/channel yang dimaksud diatas adalah media. Karena pada dasarnya pembelajaran merupakan proses komunikasi, maka media yang dimaksud adalah media pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi? (3) Bagaimana evaluasi penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi. (3) Mendeskripsikan evaluasi penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa sdn klungkung 01 sukorambi ini benar-benar diaplikasikan dengan benar, sehingga media flanelgraf dan pembelajaran berjalan sesuai rencana atau RPP dengan baik dan lancar. 2) Pelaksanaan penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi ini diaplikasikan dengan baik sehingga pembelajaran membaca huruf hijaiyah di sekolah tersebut tidak ada hambatan, anak-anak peserta didik menyenangi belajar dengan media flanelgraf, dan nuansa pembelajaran yang dihasilkan pun sangat hidup dan benar-benar aktif seluruh siswa 3) Evaluasi penggunaan media flanelgraf dalam mengatasi kesulitan membaca huruf hijaiyah siswa SDN Klungkung 01 Sukorambi ada 90% dari jumlah peserta didik yang ada di sekolah tersebut mulai membaca huruf hijaiyah atau mengaji Al Qurannya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:21
Last Modified: 10 Feb 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18671

Actions (login required)

View Item View Item