Implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Ulum Gumuk Rase Kemuning Sari Kidul Jenggawah Jember tahun pelajaran 2014/2015.

Sukardi, Imam (2015) Implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Ulum Gumuk Rase Kemuning Sari Kidul Jenggawah Jember tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMAM SUKARDI_084 104 014.pdf

Download (928kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menganjurkan pengajaran Al- Qur’an dimulai sejak masa kanak-kanak karena pada masa itu terkandung potensi belajar yang sangat kuat dan besar. Untuk memudahkan anak membaca Al-Qur’an dengan baik (lancar, cepat, tepat dan benar) perlu menggunakan metode dan srategi tertentu. Banyak metode yang dibuat oleh para ahli pendidikan Islam, salah satunya adalah metode dirosati, metode ini memiliki keunggulan yaitu ditambahkannya materi-materi pendidikan Islam lain yang mendukung pengajaran baca Al-Qur’an seperti belajar menulis, hafalan do’a-do’a harian, ibadah, bahasa arab dan materi Islam lainnya. Dengan materi utama yaitu baca Al-Qur’an beserta kaidah ilmu tajwid. Salah satu lembaga pendidikan Al-Qur’an yang juga mengembangkan metode dirosati ini adalah TPQ Nurul Ulum Gumuk Rase Kemuning Sari Kidul Jenggawah Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al- Qur’an dengan fasih di TPQ Nurul Ulum Gumuk Rase Kemuning Sari Kidul Jenggawah Jember? 2) Bagaimana implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan tartil di TPQ Nurul Ulum Gumuk Rase Kemuning Kidul Jenggawah Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan fasih serta mendiskripsikan tentang implementasi metode dirosati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan tartil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel diantaranya ialah ketua Yayasan, ustadz-ustadzah dan santri. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model siklus interaktif, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan fasih tersebut ada beberapa komponen yang diterapkan di TPQ Nurul Ulum di antaranya Keterampilan membaca huruf hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf, shifatul huruf dan tajwid yang dikemas dengan metode dirosati yang sudah di sesuaikan dengan kondisi santri/santriwati di TPQ Nurul Ulum. 2) Dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan tartil tersebut ada dua komponen yang diterapkan di TPQ Nurul Ulum yaitu al maddu wal qoshru dan al waqfu wal ibtida’ yang dikemas dengan metode dirosati yang sudah disesuaikan dengan kondisi santri/santriwati di TPQ Nurul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:25
Last Modified: 10 Feb 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item