Pratiwi, Kartika Eka (2015) Peran Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g - J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Kartika Eka Pratiwi_084111240.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan satu upaya untuk mengasuh, mendidik, membimbing, membina serta memimpin anaknya menjadi orang dewasa dan dapat memperoleh kebahagiaan hidupnya dalam arti yang seluasluasnya. Hal tersebut tidak terlepas dari peranan guru dan orang tua. Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan pada seseorang sesuai dengan posisi sosial yang diberikan baik secara formal maupun secara informal. Peran didasarkan pada preskripsi ( ketentuan ) dan harapan. peran yang menerangkan apa yang individu-individu harus lakukan dalam suatu situasi tertentu agar dapat memenuhi harapan-harapan mereka sendiri atau harapan orang lain menyangkut peran-peran tersebut. Adapun pokok masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana Peran Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g -J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun sub pokok masalah dari penelitian ini yaitu: a. Bagaimana Peran formal Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g -J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016 b. Bagaimana Peran informal guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g - J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini a. mendeskripsikan dan mengetahui peran formal Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g -J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016 b. mendeskripsikan dan mengetahui peran informal Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi A j u n g -J e m b e r Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis data menurut huberman dan miles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk validasi/keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mengenai Peran Guru Agama dan Orang Tua dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MI Fathus Salafi tahun Pelajaran 2015/2016. y a n g m e n c a k u p p e r a n f o r m a l g u r u d a n p e r a n i n f o r m a l o r a n g t u a d a l a m m e n i n g k a t k a n a k t i v i t a s b e l a j a r p e n d i d i k a n a g a m a i s l a m s i s w a M I F a t h u s S a l a f i . D i m a n a a n t a r a g u r u d a n o r a n g t u a b e k e r j a s a m a d a l a m m e n i n g k a t k a n a k t i v i t a s b e l a j a r t e r s e b u t .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 07:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 07:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18674 |
Actions (login required)
View Item |