Kontribusi Industri Semen Puger Terhadap Peningkatan pendapatan Masyarakat Sekitar Pabrik Di Desa Pugerkulon Di Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Rosyidah, Khofifatul (2015) Kontribusi Industri Semen Puger Terhadap Peningkatan pendapatan Masyarakat Sekitar Pabrik Di Desa Pugerkulon Di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khofifatul Rosyidah_083 112 046.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT Cement Puger jaya Raya Sentosa merupakan perusahaan yang pendiriannya berdasarkan perusahaan berwawasan lingkungan. Lokasi Industri semen Puger yang sangat berdekatan dengan gunung kapur (Gunung sadeng) yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan adanya Industri semen Puger, diharapkan agar pembangunan industri ini mempunyai peran yang besar dalam pembangunan wilayah. Hal ini dimaksudkan agar keberadaan industri tersebut dapat memberikan peningkatan pendapatan, mengurangi laju migrasi dan mengurangi jumlah pengangguran serta kemiskinan yang ada pada masyarakat sekitar pabrik. Berdirinya industri semen ini akan lebih mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki wilayah kecamatan Puger. Baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia. Dengan demikian industri Semen Puger ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Puger. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) apakah ada Kontribusi industri Semen Puger terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat sekitar Pabrik di desa Pugerkulon kecamatan Puger Kabupaten Jember?. (2). Seberapa Besar Kontribusi industri Semen Puger terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat sekitar Pabrik di desa Pugerkulon kecamatan Puger Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan Kontribusi industri Semen Puger terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat sekitar Pabrik di desa Pugerkulon kecamatan Puger Kabupaten Jember.(2) untuk mendeskripsikan seberapa besar kontribusi yang diberikan Industri semen Puger terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat sekitar pabrik di desa Pugerkulon kecamatan Puger Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian Lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat PugerKulon. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat sekitar pabrik semen Puger yang terletak pada RW 18, RW 19, RW 20 yang diambil secara acak oleh peneliti yang dianggap mewakili populasi. Dan analisis data menggunakan persamaan regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut:1). Berdasarkan hasil persamaan analisis regresi sederhana Y=28.210+0.226X bahwa industri semen Puger mempunyai kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitar pabrik di desa Pugerkulon kecamatan Puger kabupaten Jember 2). Berdasarkan hasil pengujian hipotesa t secara parsial bahwa industri semen Puger mempunyai kontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitar pabrik. Terbukti hasil uji t industri semen Puger dengan thitung 3.784 > ttabel 1.660 dengan signifikansi 0.000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:41
Last Modified: 10 Feb 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18676

Actions (login required)

View Item View Item