Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Televisi Pasta Gigi Sasha Siwak.

Nurhasanah, Lailiyah (2020) Komodifikasi Agama Islam dalam Iklan Televisi Pasta Gigi Sasha Siwak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILIYAH NURHASANAH_D20151029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iklan hingga kini, masih menjadi saluran yang tak tertandingi dan tergantikan untuk menarik perhatian masyarakat (konsumen). Dewasa ini, iklan televisi banyak bermunculan dengan menggunakan wanita berhijab sebagai objek dalam iklan. Dalam hal tersebut hijab merupakan simbol dari agama Islam. Masyarakat kerap tidak menyadari bahwa ada suatu nilai, budaya, atau agama yang dikomodifikasikan dalam bentuk iklan untuk menarik minat masyarakat (konsumen). Seperti pada iklan pasta gigi sasha siwak dengan penekanan pada kalimat “pasta gigi halal bersiwak, waktunya hijrah”. Iklan ini banyak menampilkan simbol-simbol agama Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana komodifikasi agama Islam yang berlangsung dalam pasta gigi Sasha Siwak? 2) Bagaimana media massa memproduksi wacana identitas Islam dalam iklan pasta gigi Sasha Siwak?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui komodifikasi agama Islam yang berlangsung dalam iklan pasta gigi Sasha Siwak. 2) Untuk mengetahui media massa memproduksi wacana identitas Islam dalam iklan pasta gigi Sasha Siwak Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif dengan paradigma kritis, dengan tujuan agar dapat menguraikan dan mengartikan hasil analisis semiotika. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Komodifikasi agama Islam berlangsung melalui tiga komponen. Yakni melalui simbol agama yang berupa pakaian busana muslim, logo halal MUI dan visual Siwak; Teks, yang seolah menghadirkan Tuhan dalam iklan; Ideologi yang berupa ajaran agama Islam yang dibiaskan. 2) Identitas Islam diwacanakan sangat simbolik dalam iklan ini. Simbol-simbol Islam tersebut berupa pakaian busana muslim yang digunakan oleh bintang iklan, siwak dan logo halal MUI, teks verbal serta visual yang ditampilkan dalam iklan. kedua hal tersebut dilakukan agar produk yang diiklan dapat diterima dengan baik di pasar atau di masyarakat khususnya umat muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:50
Last Modified: 10 Feb 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item