Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Ukhrowiyah, Luluk (2015) Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LULUK UKHROWIYAH _084 116 025.pdf

Download (702kB)

Abstract

Mengingat pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia yang sebagai salah satu alternatif untuk menghindarkan dan mencegah sifat kelemahan manusia. Dengan demikian pendidikan diharapkan memberi bekal pada generasi muda agar tidak lemah. Pengertian lemah (dhiafan) mengandung makna luas baik dari segi ilmunya, ekonominya, sosial, budaya maupun akhlaknya. Jadi untuk menghapus kelemahan dan segala aspek khususnya pengetahuan maka harus dengan pendidikan. Guru sebagai pendidik yang mempunyai latar pendidikan yang tinggi dan baik, harus dapat membimbing anak didiknya semaksimal mungkin untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, cepat, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang baik. Guru sebagai pemegang peranan penting dalam pendidikan harus meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses-mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang aktif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ?, 2) Bagaimana peran kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? dan 3) Bagaimana peran kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang aktif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, 2) Mendeskripsikan peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan 3) Mendeskripsikan peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di SD Islam Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Interview dan c) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya Miles dan Huberman yaitu yaitu: reduksi data, penyajian data, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa (1) guru Pendidikan Agama Islam sudah berhasil menciptakan pembelajaran yang aktif, sehingga guru tidak lagi menjadi pusat dalam pembelajaran, akan tetapi siswa yang menjadi central dalam pembelajaran, 2) Peran kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif sudah berhasil dilaksanakan, sehingga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam banyak memunculkan kreatifitas siswa, 3) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan secara efektif, sehingga guru mampu menyelesaikan materi pelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:50
Last Modified: 10 Feb 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item