Pengaruh Prinsip Pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Faroh, Mar'ah Nailul (2015) Pengaruh Prinsip Pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mar’ah Nailul Faroh_084 111 117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. maka pendidikan diharapkan mampu membentuk manusia yang bersusila, beragama, dan berbudaya. Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut adalah proses pembelajaran. Dalam hal ini, pendidik/ guru menjadi pihak yang paling bertanggung jawab dalam pengelolaan pembelajaran. Diantaranya, guru harus mempunyai prinsip pembelajaran sebagai acuan atau pedoman dalam menyajikan dan menyampaikan materi pengetahuan atau bidang studi dengan tepat dan guru dituntut menguasai strategi atau metode mengajar dengan baik, agar tercipta suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.Penelitian ini berusaha mengungkapkan pokok permasalahan tentang, apakah ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015? Adapun sub pokok masalahnya yaitu : 1) Apakah ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Age appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015? 2) Apakah ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Individual appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015? 3) Apakah ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Appropriateness for the cultural and social context of the child terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015? Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Adapun tujuan khususnya yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Age appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. 2) untuk mengetahui pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Individual appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. 3) untuk mengetahui pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Appropriateness for the cultural and social context of the child terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Adapun populasi dalam penelitian ini digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 257 siswa dan jumlah sampelnya adalah 89 siswa. Adapun dalam menentukan sampel tersebut peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan rumus: = a + bX Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Dengan rxy sebesar 0.004 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.95 maka diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 0.002<3.95. Secara khusus kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Age appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Dengan rxy sebesar 0.012 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.95 maka diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 0.013<3.95 2) tidak ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Individual appropriateness terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Dengan rxy sebesar 0.033 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.95 maka diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 0.095 < 3.95 3) tidak ada pengaruh prinsip pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice) of Appropriateness for the cultural and social context of the child terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 6 Jember tahun pelajaran 2014/ 2015. Dengan rxy sebesar 0.011 pada taraf signifikasi 5% sebesar 3.95 maka diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0.010 < 3.95. Kata Kunci : Prinsip Pembelajaran DAP (Developmentally Appropriate Practice), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:06
Last Modified: 10 Feb 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item