Pola-Pola Hukuman dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Efendi, Moh. Amin (2015) Pola-Pola Hukuman dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH AMIN EFFENDI_084 111 345.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hukuman adalah suatu sanksi yang diterima oleh seseorang sebagai akibat dari pelanggaran atau aturan-aturan yang telah ditetapkan. Hukuman salah satu alat pendidikan yang juga diperlukan dalam pendidikan, pemebrian hukuman tidak bias semberangan, ada peraturan yang mengaturnya, tidak ada alas an menghukum seseorang tampa adanya kesalahan. Jadi, hukuman itu dilaksanakan karena ada kesalahan. Oleh karena itu menghukum adalah mememberikan atau mengadakan nestapa atau penderitaan dengan sengaja kepada anak didik dengan maksud agar penderitaan tersebut betul-betul dirasakannya, untuk menuju kearah perbaikan. Hukuman sangat berkaitan dengan kedisiplinan, karena dengan adanya hukuman diharapkan siswa bisa disiplin dalam proses pembelajaran. disiplin yaitu suatu keadaan dimana sesuatu itu berada dalam keadaan tertib, teratur dan semestinya, serta tidak ada suatu pelanggaran-pelanggaran baik secara langsung atau tidak langsung. Kajianya dilatarbelakangi oleh pendapat sebagian masyarakat yang mengatakan bahwasanya hukuman sudah mentradisi dikalangan pondok pesantren akan tetapi keefektifannya perlu dipertanyakan apakah hukuman dalam menyelesaikan masalah santri sudah efektif apa hanya tradisi saja tampa ada efek positif dari penerapan hukuman tersebut. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana upaya peningkatan kedisiplinan santri melalui hukuman fisik di pondok pesantren AlHidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) bagaimana upaya peningkatan kedisiplinan santri melalui hukuman non fisik di pondok pesantren Al-Hidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) bagaimana dampak hukuman yang diterapkan terhadap perilaku santri di pondok pesantren Al-Hidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah1) mendeskripsikan upaya peningkatan kedisiplinan santri melalui hukuman fisik di pondok pesantren AlHidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016. 2) mendeskripsikan upaya peningkatan kedisiplinan santri melalui hukuman non fisik di pondok pesantren Al-Hidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016. 3) mendeskripsikan dampak hukuman yang diterapkan terhadap perilaku santri di pondok pesantren Al-Hidayah karangharjo silo jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriftif. Adapun tektik pengumpulan data memgunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya mengunakan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) untuk penerapan hukuman fisik diterapkan ditengah-tengah santri dan disaksikan oleh para santri yang lain dan untuk kriteria yang dapat dikenai hukuman fisik antara lain santri yang keluar mulai jam 10 malem, santri yang ketahuan berpacaran, santri yang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ketahuan mencuri barang orang lain dan hukuman non fisik yang belum bias membuat santri jera juga dapat dikenai hukuman fisik. Adapun macam-macam hukuman fisik yang diterapkan antara lain digundul, membersihkan kamar mandi bahkan sampai dipukul. 2) untuk penerapan hukuman non fisik sendiri berupa teguran, denda, peringatan dan berdiri didepan dalem atau madrasah dengan ngaji yasin atau surah Al-Kahfi, ketika hukuman tersebut belum mampu membuat santri jera sebagai solusi terakhir yaitu hukuma fisik. Dan untuk criteria dari hukuman non fisik yaitu santri tidak sholat berjamaah, santri kedapatan merokok, santri bolos sekolah madrasah dan santri yang tidak piket mingguan. 3) dampak dari penerapan hukuman tersebut berupa dampak positif dan negative. Untuk dampak positif yaitu bias membuat santri jera terhadap pelanggarannya, membuat santri lebih disiplin lagi dan mengurangi perilaku buruk yang dilakukan oleh santri. Untuk dampak negatifnya yaitu bias membuat santri dendam terhadap yang menghukumnya dan santri pandai menyembunyikan kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:47
Last Modified: 13 Feb 2023 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item