Strategi Critical Incident Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember.

Laila, Mutakammilatul (2015) Strategi Critical Incident Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mutakammilatul Laila_084 111 330.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dapat dilihat pada saat proses pembelajaran. Guru dituntut untuk mengatur strategi pembelajaran yang akan ia gunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi itu harus disesuaikan dengan materi, karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran. Dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, guru dituntut mengupayakan bagaimana agar materi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran tersebut adalah critical incident. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimanaperencanaan penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? 2) bagaimana penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? 3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember.2) untuk mendeskripsikan penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. 3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam rangka penerapan strategi critical incident dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah ASHRI Jember sudah berjalan dengan efektif. Diantaranya 1) Perencanaan pembelajaran terdiri dari penguasaan empat kompetensi, membuat bahan ajar (RPP), materi pembelajaran, dan merancang strategi pembelajaran. 2) Langkah-langkahnya yaitu bercerita, menyampaikan materi, meminta siswa untuk bercerita, evaluasi. 3) Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung terdiri dari motivasi guru, siswa yang aktif, dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari suasana kelas yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:47
Last Modified: 13 Feb 2023 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item