Penerapan Manajemen Risiko di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember.

Laiel, Naely Naqiyatul (2015) Penerapan Manajemen Risiko di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Divisi Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAELY NAQIYATUL LAIEL_083 112 030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Risiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi syariah tidak mudah untuk dikelola bahkan banyak risiko yang dialami dalam manajemen operasional seperti, pengajuan dan pembayaran klaim, risiko kerugian dan risiko kekhawatiran timbul dampak buruk untuk perusahaan asuransi tersebut. Untuk kemajuan sebuah perusahaan asuransi syariah juga tidak boleh melupakan penyeleksian risiko, karena perusahaan asuransi mengelola pertangguhan sebuah risiko. Sehingga untuk mencapai kesuksesan, perusahaan asuransi syariah harus dapat mengelola risiko agar perusahaan terlindungi dari risiko yang merugikan. Fokus penelitian ini adalah: a) Apa saja risiko yang dihadapi oleh AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah Kantor Operasional Jember. b) Bagaimana pengelolaan risiko yang dilakukan AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah Kantor Operasional Jember? Dan Tujuan penelitian ini adalah: a) untuk mendeskripsikan risiko apa saja yang dihadapi oleh AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah Kantor Operasional Jember. b) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan risiko yang dilakukan AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah Kantor Operasional Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dan analisis keabsahan data menggunakan tri angulasi sumber. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa risiko yang dihadapi oleh AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Kantor Operasional Jember menurut sumber atau penyebab timbulnya risiko ada dua yaitu: a) Risiko Internal: risiko keterlambatan pembayaran premi. b) Risiko Eksternal: risiko tidak validnya data peserta. AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Kantor Operasional Jember dalam mengelola risiko yang dihadapi adalah dengan memperkecil atau meminimalisir risiko. Langkah-langkah yang dilakukan oleh AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Kantor Operasional Jember dalam meminimalisir risiko yang dihadapi adalah tergantung dari risiko itu sendiri, antara lain: Risiko keterlambatan pembayaran premi, langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Pihak asuransi memberikan kemudahan kepada peserta dalam akses pembayaran melalui layanan perbankkan, dengan kata lain peserta dapat mentransfer 2) Apabila pembayaran melewati jatuh tempo maka diakumulasikan tanpa adanya denda 3) Para agen mengingatkan pembayaran premi melalui telepon 4) Para agen mendatangi kerumah peserta. Risiko tidak valinya data peserta, langkah-langkahnya sebagai berikut: 1) Penilaian secara selektif oleh agen 2) Pengajuan berkas dari peserta ke kantor pusat 3) Penilaian berkas-berkas dari pusat 4) Keputusan dari kantor pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:47
Last Modified: 13 Feb 2023 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item View Item