Tanggung Jawab Kepala Keluarga Dalam Memberi Nafkah Kepada Extended Family (Keluarga Besar) Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Suryaningrum, Naning Warda (2020) Tanggung Jawab Kepala Keluarga Dalam Memberi Nafkah Kepada Extended Family (Keluarga Besar) Di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NANING WARDA SURYANINGRUM_D20153022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tanggung jawab kepala keluarga merupakan orang yang bertugas mengurusi hal-hal yang besar dalam keluarga, yakni menyangkut pencarian nafkah, menjaga hubungan keluarga dengan masyarakat, dan urusan-urusan lain yang melibatkan rumah tangga dengan kehidupan kepala keluarga. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana bentuk tanggung jawab kepala keluarga dalam memberi nafkah kepada extended family di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?. 2). Bagaimana upaya kepala keluarga mengatasi permasalahan emosional dalam extended family di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk tanggung jawab kepala keluarga dalam memberi nafkah kepada extended family di desa sumberlesung kecamatan ledokombo kabupaten jember, untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya kepala keluarga mengatasi permasalahan emosional dalam keluarga besar (extended family) di desa sumberlesung kecamatan ledokombo kabupaten jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian ini bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga keluarga besar di Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yang memiliki beberapa anggota keluarga. Terdapat cara untuk membuat keluarga besar agar tetap rukun yakni dengan lima tingkatan Abraham Maslow yakni, kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman dan nyaman, kebutuhan akan rasa saling memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kata Kunci: Keluarga Besar, Tanggung Jawab Kepala Keluarga, Memberi Nafkah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:47
Last Modified: 13 Feb 2023 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18695

Actions (login required)

View Item View Item