Pendekatan Model Rational Emotif Therapy Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Remaja Terdampak Perceraian di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Kabupaten Jember

Mawadah, Nila Yulina (2019) Pendekatan Model Rational Emotif Therapy Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Remaja Terdampak Perceraian di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NILA YULINA MAWADAH_D20153047.pdf

Download (8MB)

Abstract

Remaja yang terdampak perceraian memerlukan penanganan khusus agar dapat membangun kepercayaan dirinya kembali. Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang penting pada seseorang, tanpa adanya kepercayaan diri akan banyak menimbulkan masalah pada diri seseorang. Kepercayaan diri merupakan atribut yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Dikarenakan dengan kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi dirinya Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini : (1) Bagaimana Pendekatan Model Rational Emotive Therapy dalam Membangun Kepercaan diri pada Remaja Terdampak Perceraian? (2) Apa Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Pendekatan Rational Emotif Therapy dalam Membangun Kepercayaan Diri yang Terdampak Perceraian? Tujuan dalam penelitian ini : (1) Untuk Mengetahui Pendekatan Model Rational Emotive Therapy dalam Membangun Kepercaan diri pada Remaja Terdampak Perceraian. (2) Untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Pendekatan Rational Emotif Therapy dalam Membangun Kepercayaan Diri yang Terdampak Perceraian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penekatan deskriptif. Tujuannya adalah agar dapat menguraikan hasil analisis dengan detail. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan konseling. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai Pendekatan Model Rational Emotif Therapy Dalam Membangun Kepercayaan Diri Remaja Terdampak Perceraian di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Kabupaten Jember dengan menggunakan konseling rational emotif therapy kepada remaja yang dilakukan oleh guru BK yang bertujuan untuk mengubah pola pikir manusia dari irasional menjadi rasional dapat disimpulkan bahwa remaja terdampak perceraian (broken home) mereka memiliki tingkat percaya diri yang rendah dari tiga subyek yang telah diteliti bahwasannya peningkatan kepercayaan diri ada beberapa indikator yang perlu diketahui yaitu keyakinan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab dan rasional realistis sedangkan faktor yang mempengaruhinya yaitu konsep diri, harga diri, pengalaman dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:46
Last Modified: 13 Feb 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18706

Actions (login required)

View Item View Item