Dinamika Komunikasi Interpersonal Lesbiyan, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dalam Komunitas Organisasi Gaya dan Warna (OGAWA) di Jember.

Masruroh, Nur Aini (2019) Dinamika Komunikasi Interpersonal Lesbiyan, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dalam Komunitas Organisasi Gaya dan Warna (OGAWA) di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Aini Masruroh_D20151033.pdf

Download (8MB)

Abstract

LGBT bukan lagi masalah lawas di Indonesia, semenjak tahun 90-an isu LGBT sudah tercium dan menimbulkan banyak pro dan kontra. Isu LGBT tersebut tak melewatkan satu daerahpun di Negara Agraris ini, tak terkecuali kota sebelum penghujung pulau Jawa yakni Kota jember. Dipertengahan tahun 2018 Kota Jember menjadi pusat perhatian media Nasional dikarnakan kabar mengegerkan pernikahan sejenis yang dilakukan oleh dua orang pria di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Selama hampir 3 minggu berita ini masih mengudara di berbagai media Nasional dan Lokal. Tereksposnya kabar pernikahan sejenis di Kota Jember ini. Membuat rasa penasaran semakin membuncah dengan banyak pertanyaan tentang keberadaan LBGT di Kota yang masih terkenal dengan relligiusitasanya tersebut. Dan benar adanya bahwa sebelum kabar tersebut menjadi buah bibir hampir seluruh warga Indonesia sudah terjadi beberapa kali peristiwa yang menunjukkan keberadaan LGBT di Kota Jember. Seperti, terjadinya pemberhentian event bertajuk King and Queen Of Java di salah satu hotel ternama di Kota Jember yang ditengarai berisi peserta yang berstatus waria, atau tentang seseorang waria yang menjalankan ibadah Haji dan mengatakan tetap akan menjadi waria ketika pulang Haji nanti. Dan fakta bahwa Jember memiliki komunitas yang berisi kumpulan besar LGBT se Jember bernama Organisasi Gaya dan Warna (OGAWA). Dari fenomena tersebut, maka menarik sekali untuk dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana dinamika komunikasi interpersonal LGBT dalam komunitas OGAWA tersebut mampu membawa komunitas LGBT satu-satunya di Kota Jember ini menjadi satu-satunya komunitas besar yang menaungi seluruh LGBT di Jember dan mampu menunjukkan eksistensi serta bekerja sama dengan Dinas dalam pemerintahan Kota Jember. Pendekatan penelitian dalam kasus ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian Etnografi modern dan teknik analisis domain dan analisis taksonomi. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh anggota kelompok dalam komunitas OGAWA mengalami dinamika yang yang sangat kompleks, sejalan dengan kondisi social mereka yang juga kompleks. Mereka menggunakan komunikasi interpersonal diadik dan kelompok kecil secara kontinu dan intens. Membuat mereka merasa nyaman dan memiliki dorongan untuk berkarya oleh sesamanya meski dalam keadaan sadar bahwa mereka merupakan pribadi individu yang melanggar hukum agama dan juga melanggar norma. Dan efek dari intensitas komunikasi tersebut menjadikan OGAWA memiliki eksistensi terlihat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:46
Last Modified: 13 Feb 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item View Item