Bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) Dalam Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Diri Individu Autis Di Yayasan Islam Cahaya Nurani Jember

Haeriyanti, Nur Aisyah (2019) Bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) Dalam Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Diri Individu Autis Di Yayasan Islam Cahaya Nurani Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Aisyah Haeriyanti_D20153040.pdf

Download (3MB)

Abstract

PECS (Picture Exchange Communication System) merupakan salah satu media kartu bergambar yang tujuannya mengajak dan membimbing anak yang mengalami kesulitan beradaptasi dalam komunikasinya. Media ini cocok diberikan pada anak berkebutuhan khusus seperti individu autisme. Yayasan Islam Cahaya Nurani Jember merupakan salah satu lembaga yang menerapkan media kartu bergambar pada saat proses pembelajaran terstruktur berlangsung. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) dalam meningkatkan kemampuan adaptasi diri individu autis? 2) Bagaimana input dan output dari bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) dalam meningkatkan kemampuan adaptasi diri individu autis? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (penelitian lapangan), penentuan subyek menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data: Observasi, interview, dokumentasi, teknik analisis reduksi data, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pelaksanaan pemberian bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) di Cahaya Nurani dilakukan setiap hari senin sampai kamis selama pembelajaran berlangsung, sesuai jadwal yang ditentukan terapis selama 90 menit. Komunikasi verbal dan non verbal di terapkan selama proses bimbingan berlangsung untuk melatih fokus, dan mengajarkan anak dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. 2) Input dan output dari bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System). Input, Pemberian kartu secara berulang merupakan strategi yang dilakukan terapis pada saat bimbingan PECS berlangsung. Terapis menyesuaikan kartu bergambar dengan tingkatan kemampuan yang dimiliki anak. Kegiatan terstruktur tersebut juga dilakukan orang tua di rumah. Orang tua dapat mengadaptasi setting kelas terapi di rumah mereka. Output, Bimbingan PECS (Picture Exchange Communication System) yaitu, anak dapat berkomunikasi dengan baik artinya anak mengatakan dengan kosa-kata yang benar dan tepat, sehingga orang lain paham dengan apa yang dia katakan. Anak dapat merespon lawan bicaranya yaitu, menjawab saat ditanya, dan dapat mengatakan saat dia menginginkan sesuatu. Pernyataan tersebut terbukti dari hasil observasi, kontak matanya perlahan sudah mulai fokus, berbeda dengan anak yang baru menjalani terapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item View Item