Penerapan Metode Otak Kanan dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Oktafiatul J., Nur Ika (2015) Penerapan Metode Otak Kanan dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR IKA OKTAFIATUL J._084 111 259.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang paling mulia dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah lainnya, karena manusia telah dikaruniai otak oleh Allah SWT dan otak manusia lebih unggul dari otak makhluk lain dalam kemampuan untuk belajar, bekerja dan berbahasa. Otak memungkinkan manusia mengenali dan memahami lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungan. Otak bertanggungjawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Kemampuan mengingat pada otak manusia, seperti mengingat kejadian-kejadian yang telah dialami sehari-hari, dapat digunakan manusia untuk menghafalkan Al-Qur’an. Belahan otak kanan yang mempunyai kemampuan holistik imajinatif, kreatif, dan bisosiatif seseorang penghafal Al-Qur’an lebih mudah menggunakan belahan otak kanan. Maka dalam hal ini dilakukan penelitian penerapan metode otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari dua fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana proses penggunaan metode otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember tahun pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana hasil hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode otak kanan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember tahun pelajaran 2014/2015, dan untuk mendeskripsikan hasil hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode otak kanan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dalam pelaksanaan penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah deskriptif dan validitas datanya menggunakan triangulasi metode/sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan penerapan metode otak kanan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan Umat Jember dapat digambarkan dengan guru mampu menenerapkan metode otak kanan kepada siswa, pada awal pelajaran guru memandu siswa untuk melakukan murojaah selama ±15 menit dengan menggunakan gerakan-gerakan serta lagu-lagu sesuai dengan metode otak kanan. Setelah selesai murojaah guru memberikan kembali materi/hafalan baru kepada siswa untuk memperdalam kemamapuan dan menambah hafalannya dengan menggunakan metode otak kanan. Prestasi siswa lebih meningkat dengan menggunakan metode tersebut, siswa juga masih mampu menguasai hafalan yang telah mereka kuasai meskipun naik ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item