Upaya Orang Tua Tidak Mampu Secara Ekonomi Dalam Memotivasi Anak Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015

Hidayah, Nurul (2015) Upaya Orang Tua Tidak Mampu Secara Ekonomi Dalam Memotivasi Anak Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL HIDAYAH_084111 274.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam realitas kehidupan peran serta kewajiban orang tua adalah memberi nafkah kepada anak-anaknya, baik laki-laki maupun perempuan semenjak mereka dilahirkan. Untuk memberi nafkah kepada ank-anaknya orang tua membutuhkan tindakan-tindakan yaitu dengan bekerja. Dengan bekerja orang tua akan memperoleh apa yang dinamakan nafkah lahir yang bersifat jasmaniah.Adanya motivasi atau dorongan cinta kasih yang menjiwai hubungan orang tua dan anak. Tugas dan tanggung jawab orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan anaknya saja, akan tetapi motivasi orang tua juga memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan pendidikan anak dalam melanjutkan pendidikan terutama dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Fokus penelitian yang digunakan adalah: 1). Bagaimana upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015. 2). Bagaimana upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam memberikan motivasi ekstrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan tentang upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015; Kedua, untuk mendeskripsikan tentang upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam memberikan motivasi ekstrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Watukebo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian dengan kesimpulan sebagai berikut: upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yaitu dengan memberikan bimbingan, dorongan, dan arahan. Upaya orang tua tidak mampu secara ekonomi dalam memberikan motivasi ekstrinsik pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yaitu dengan menyediakan/memberikan pelayanan, memberikan biaya, dan memberikan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item