Penerapan Sistem Poin dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas IX di SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015.

Arista, Reni (2015) Penerapan Sistem Poin dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas IX di SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Reni Arista_084111009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kenakalan remaja yang semakin meninggi terutama di lingkungan sekolah. Banyaknya siswa yang melanggar tata tertib sekolah menuntut sekolah untuk memberikan hukuman atau sebuah peringatan bagi si pelanggar. Untuk menghindari kekerasan fisik dan hukuman lain yang tidak mendidik, sekolah membuat kebijakan sistem poin. Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana strategi pelaksanaan penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015?, (3) Bagaimana hasil penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015?, (2) Mendeskripsikan strategi pelaksanaan penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015?, (3) Mendeskripsikan hasil penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling pada siswa kelas IX di SMP Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015? Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perencanaan penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling meliputi penyusunan, pengajuan, pengesahan dan sosialisasi tata tertib siswa dan bobot poin siswa. Strategi pelaksanaan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling menggunakan strategi himpunan data yang dipadukan dengan layanan bimbingan. Hasil penerapan sistem poin dalam Bimbingan dan Konseling mampu meredam sifat egoisme siswa kelas IX di SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item View Item