Penerapan strategi pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam SMP Nurul Ulum Desa Besuk kecamatan Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015

Abdi, Risyad (2015) Penerapan strategi pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam SMP Nurul Ulum Desa Besuk kecamatan Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risyad Abdi_084 111 166.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penggunaan satu metode lebih cenderung menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik, jalan pengajaran pun tampak kaku. Anak didik terlihat kurang bergairah belajar. Anak didik mengalami kejenuhan dan malas dalam kegiatan belajar mengajar. Kondisi seperti ini sangat tidak menguntungkan bagi guru dan anak didik. Guru mendapatkan kegagalan dalam penyampaian pesan-pesan keilmuan dan anak didik dirugikan. Ini berarti guru tidak memfungsikan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka Rumusan masalah yang akan dikaji pada penelitian ini yaitu: Apakah dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam SMP Nurul Ulum Desa Besuk Kecamatan Ajung. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan strategi pembelajaran Course Review Horay. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, sedangkan dalam menentukan informan menggunakan populasi research, pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi sistemik, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Untuk menganalisa data menggunakan ketuntasan secara klasikal, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materi akhlak terpuji kerja keras, tekun, ulet dan teliti. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 67 dengan persentase 15% sedangkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 75.5 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80.53 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 68.42%, dan pada siklus III nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 84.25 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85% hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Course Review Horay terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Nurul Ulum Besuk Kecamatan Ajung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18716

Actions (login required)

View Item View Item