Perkembangan Beragama Pada Anak dalam Pemikiran Zakiah Daradjat

Dewi, Rizki Yasinta (2015) Perkembangan Beragama Pada Anak dalam Pemikiran Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Yasinta Dewi_084 101 238.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam perkembangan anak harus dapat pendidikan agama sejak awal, baik secara teori maupun praktek. Praktek keagamaan dalam kehidupan ini sangat penting bagi seorang anak, agar supaya dapat membentuk kepribadian yang sesuai dengan kepribadian seorang muslim pada umumnya.Pendidikan agama menekankan pada pemahaman tentang agama serta bagaimana agama diamalkan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai-nilai agama tersebut disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak serta keunikan yang dimiliki oleh setiap anak. Islam mengajarkan nilai-nilai keislaman dengan cara pembiasaan ibadah, contohnya puasa, shalat lima waktu, dan lain-lain. Fokus kajian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat? Sedangkan sub fokus kajian yang diteliti adalah: (a). Bagaimana karakteristik perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat? (b). Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat? Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat. Sedangkan tujuan khususnya adalah : (a). Untuk mendiskripsikan karakteristik perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat. (b).Untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan study pustaka, sedangkan analisis datanya menggunakan content analysis dan validitas datanya menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat bahwa agama pada masa anak-anak terbentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diterima dari lingkungan keluarga dan sekitarnya kemudian setelah itu terbentuklah sifat keagamaan pada anak. Karakteristik perkembangan beragama pada anak dalam pemikiran Zakiah Daradjat terbagi menjadi dua fase, yang pertama fase umur 0-6 tahun dimana anak mulai mengenal Tuhan dan agama melalui orang-orang dalam lingkungan tempat mereka hidup, sedangkan fase umur 6-12 tahun ketika anak masuk sekolah dasar, dalam jiwanya ia telah membawa bekal rasa agama yang terdapat dalam kepribadiaannya, dari orang tuanya dan dari gurunya di taman kanak-kanak. Dalam pemikiran Zakiah Daradjat ada 2 faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan beragama pada anak yaitu: faktor internal ( bawaan) sejak dalam kandungan dan eksternal (lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:30
Last Modified: 13 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item