Pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember Tahun 2014.

Imroati, Roro (2015) Pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember Tahun 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roro Imroati_083 112 019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank BRI Syariah merupakan salah satu Bank Umum Syariah (BUS) yang sedang berkembang dan selalu meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang akan diberikan para nasabahnya. Keunggulan Bank BRI Syariah tidak saja terlihat dari berbagai produk dan hadiah yang ditawarkan kepada nasabah, akan tetapi juga meliputi mutu dan kualitas pegawainya sebagai orang yang bertugas melayani setiap nasabah yang datang ke Bank BRI Syariah dengan professional dan amanah. Maka diperlukan strategi di dalam menarik perhatian masyarakat agar mau menggunakan jasa perbankan syariah. Salah satu strategi yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan perbankan adalah dengan program peningkatan kualitas layanan yang didukung oleh sumber daya insani yang kompeten dan teknologi informasi yang mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan nasabah serta mampu mengkomunikasikan produk dan jasa bank syariah kepada nasabah dengan benar dan jelas, dengan tetap memenuhi prinsipprinsip syariah. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) adakah pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember tahun 2014?. 2) Seberapa besar pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember tahun 2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui adakah pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember tahun 2014. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan perbankan syariah terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan di Bank BRI Syariah Cabang Jember tahun 2014 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian hipotesis (Uji t) pelatihan perbankan syariah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan. Dengan dibuktikan bahwa hasil t tabel < t hitung (0,3610 < 1.834). Ha yang diterima dan Ho yang ditolak. Sedangkan besar pengaruhnya daapat dibuktikan dengan variabel bebas (koefisien digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix determinasi) dengan melihat nilai Adjusted R Square (R2 ) sebesar 0,075. Hal ini dapat diartikan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan mampu ditingkatkan oleh pelatihan perbankan syariah dengan nilai sebesar 7,5%. Sedangkan sisanya (100 % -7,5% = 92,5%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian in

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:30
Last Modified: 13 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item