Pelaksanaan mastery learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Cangkring 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Saidah, Siti Aisyatus (2015) Pelaksanaan mastery learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Cangkring 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI AISYATUS SAIDAH_084116016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu problem pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan jenis pendidikan dan satuan pendidikan. Beberapa fakta menunjukkan bahwa kualitas pendidikan kita masih rendah, hal ini terlihat jika dibandingkan dengan Negara lain. Laporan UNESCO, bulan November 2012 menyebutkan, dari 130 negara, peringkat Indonesia di bidang pendidikan turun dari 58 ke 62 dibawah Malaysia yang berada di urutan 50 dan Vietnam yang berada di urutan 57. Masalah lain dalam bidang pendidikan di Indonesia yang juga banyak diperbincangkan adalah pendekatan pembelajaran yang terlalu didominasi peran guru (teacher centered) sehingga menempatkan siswa sebagai obyek dan bukan sebagai subyek didik, akibatnya siswa tidak dapat menguasai materi pembelajaran secara tuntas meskipun sudah dinyatakan tamat dari sebuah lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini secara umum adalah bagaimana pelaksanaan mastery learning dalam proses pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Sub fokus penelitian: 1) Bagaimana kegiatan orientasi menggunakan mastery learning dalam pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember? 2) Bagaimana kegiatan belajar mengajar PAI menggunakan mastery learning di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember? 3) Bagaimana pengecekan keefektifan keseluruhan program mastery learning dalam pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember?. Penelitian skripsi ini secara umum dimaksudkan untuk mendeskripsikan pelaksanaan mastery learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Cangkring 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan secara khusus tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan kegiatan orientasi menggunakan mastery learning dalam pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember, 2) Mendeskripsikan kegiatan belajar mengajar PAI menggunakan mastery learning di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember, 3) mendeskripsikan pengecekan keefektifan keseluruhan program mastery learning dalam pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 Jenggawah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya dikumpulkan melalui teknik observasi, interview dan dokumenter, sementara analisis datanya menggunakan teknik reflektif thinking. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: 1) Kegiatan orientasi menggunakan mastery learning dalam pembelajaran PAI di SDN Cangkring 02 antara lain: membuat kerangka isi pembelajaran, menjelaskan yang akan di pelajari dalam satu semester dan mengadakan pra test, 2) Kegiatan belajar mengajar PAI menggunakan mastery learning meliputi: memperkenalkan kompetensi dasar, menyajikan rencana kegiatan belajar mengajar, melaksanakan diagnostic progress test, 3) Pengecekan keefektifan keseluruhan program yaitu mengamati hasil belajar yang dicapai siswa,berapa persen siswa yang mampu mencapai tingkat mastery

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:30
Last Modified: 13 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18721

Actions (login required)

View Item View Item