Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung

Sofyan, Sofan (2015) Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofan Sofyan_083 102 036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank Mega Syariah Tanjung merupakan lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah, yaitu melakukan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, antara lain mendorong kegiatan menabung dan menyalurkan dana. Penyaluran dana adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap lembaga keuangan, termasuk Bank Mega Syariah Tanjung, karna salah satu fungsi lembaga keuangan syariah adalah intermediasi antar masyarakat yang kelebihan dan membutuhkan dana. Pemberian pembiayaan yang tertuang dalam suatu perjanjian, sebelum melakukan transaksi antara pihak lembaga dan nasabah selalu membuat kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak dan kesepaktan tersebut tertuang dalam sebuah akad pembiayaan. Dengan demikian keduanya telah terikat dalam satu perjanjian atau hukum yang telah dibuat bersama, akan tetapi didalam perjanjian tersebut terkadang nasabah cidera janji atas perjanjian yang telah dibuatnya, sehingga Bank Mega Syariah Tanjung harus berusaha keras mengatasi kasus pembiayaan bermasalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung. Dan sub masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja faktor-faktor terjadinya pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung, 2) Bagaimana teknik penyelesaian pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui penyelesaian pembiayaan bermasalah. Sedangkan secara khusus adalah Untuk mengetahui faktor-faktor teradinya pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung, dan untuk mengetahui teknik penyelesaian pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif , maka dalam pengumpulan datanya menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan melakukan pengecekan keabsahan data melalui beberapa sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Bank Mega Syariah Tanjung dalam menyelesaikan kasus Pembiayaan bermasalah yaitu dengan penyelesaian secara kekeluargaan tidak menggunakan kekerasan atau paksaan, karena Bank Mega Syariah lebih mengedepankan nilai-nilai Syariah sesuai dengan namanya Bank Mega Syariah. Sedangkan faktornya yaitu terdapat dua faktor yaitu intern dan ekstern, sedangakan teknik penyelesaian pembiayaan bermasalah di Bank Mega Syariah Tanjung yaitu melalui teguran, Rescheduling, dan eksekusi jaminan, akan tetapi dalam eksekusi jaminan beda dengan lembaga pada umumnya, yaitu harus ada keihlasan dari nasabah kalau jaminannya mau di eksekusi, karena Bank Mega lebih mengedepankan nilai-nilai syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:11
Last Modified: 13 Feb 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item View Item