Implementasi Metode At-Tanzil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di RA Nurul huda Desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Wahyuni, Sri (2015) Implementasi Metode At-Tanzil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di RA Nurul huda Desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SRI WAHYUNI_084 111 010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Belajar membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dimulai sejak kecil karena umunya pada masa ini anak-anak sangat peka dalam menangkap sesuatu yang diperintahkan dan diajarkan sehingga mudah menerima pelajaran-pelajaran yang diberikan. Kepandaian membaca dan menulis hurufhuruf Al-Qur’an itu juga tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar AlQur’an. Dari latar belakang di atas maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran metode At-Tanzil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di RA Nurul Huda desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode At-Tanzil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di RA Nurul Huda desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran metode At-Tanzil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di RA Nurul Huda desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran metode At-Tanzil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di RA Nurul Huda desa Krasak Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, selanjutnya untuk melihat keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan Pembelajaran Metode At-Tanzil di RA Nurul Huda sudah terlaksana cukup baik mulai dari persiapan Asatidz memilih bahan Ajar, metode, media, menyiapkan materi dan metode apa yang akan disampaikan disesuaikan dengan RKH (Rencana Kegiatan Harian). 2) Pelaksanaan Pembelajaran Metode At-Tanzil di RA Nurul Huda sudah terlaksana dengan baik. Hal ini bisa dilihat selama proses pembelajaran berlangsung mulai dari awal hingga akhir jam pelajaran, dengan ketentuan mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran metode At-Tanzil berdasarkan pada buku panduan AtTanzil dan penerapan evaluasi metode At-Tanzil ini menggunakan Buku Prestasi dengan ketentuan peserta didik bisa melanjutkan ke halaman berikutnya jika sudah lancar Fakta Huruf, Makharijul Huruf, dan lancar dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:11
Last Modified: 13 Feb 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18734

Actions (login required)

View Item View Item