Metode Ruqyah Aswaja Ustadz Jamhuri Hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Setiawan, Teguh (2019) Metode Ruqyah Aswaja Ustadz Jamhuri Hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TEGUH SETIAWAN_D20153001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode Ruqyah Aswaja Ustadz Jamhuri Hasyim merupakan metode pengobatan yang telah di contohkan dan dijelaskan oleh Nabi Saw kepada orang yang mengalami sakit tentang apa yang rasul ketahui berdasarkan wahyu. Ruqyah Aswaja ini ialah kegiatan mengeluarkan jin, sihir, dan lainnya yang di awali dengan bertawasul kepada wali-walinya Allah dan di akhiri dengan pemberian serta pengenalan hakikat hidup manusia. Fokus masalah yang diteliiti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode ruqyah aswaja ustadz Jamhuri Hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang? 2) Apa kesulitan ustadz jamhuri hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang dengan metode ruqyah aswaja? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode ruqyah aswaja ustadz jamhuri hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang. 2) Untuk mengetahui kesulitan metode ruqyah aswaja ustadz jamhuri hasyim dalam mengobati pasien kesurupan di desa Dinoyo Kec. Lowokwaru Kota Malang. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa: 1) proses penerapan ruqyah aswaja sama dengan ruqyah-ruqyah seperti biasanya tetapi ruqyah aswaja ini di awal ruqyah melakukan tawasul kepada wali-walinya Allah dan berta’awudz, serta di akhir proses ruqyah pasien diberikan pemahaman atau diingatkan kembali mengenai hakikat hidup manusia. 2) kesuiltan-kesulitan dalam ruqyah aswaja berada di luar proses ruqyah. Pasien memiliki barang kono (keris), jimat, dan di rumahnya menanam pohon-pohon sejenis khuldi, yaitu pohon kamboja, pohon dewandaru, pohon pandan, pohon sere, bunga kanthil, Bungan kenanga, pohon cemara, pohon salam, pohon kelapa, pohon sawo, pohon nangka, pohon bambu, pohon beringin, dan pohon wijaya kusuma.kesemuanya merupakan faktor yang mengakibatkan jin dan sihir masuk serta sulit untuk keluar dari tubuh manusia. Kata Kunci: Ruqyah Aswaja, Tawasul, dan kesulitan ruqyah aswaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:05
Last Modified: 13 Feb 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item View Item