Hasanah, Ulfiani (2015) Penggunaan Strategi Pembelajaran Students Questions Have dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI di SMPN 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ulfiani Hasanah_084111206.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran salah satu faktor terpenting ialah memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, apabila pemilihan strategi pembelajaran kurang tepat maka akan dapat menimbulkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkanPemilihan strategi yang tepat dalam pembelajaran sangat dibutuhkan agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dipahami oleh siswa sehingga siswa merasa senang dan aktif dalam pembelajaran. Mengingat belajar merupakan sebuah proses bagi peserta didik untuk membangun pemahaman sendiri maka kegiatan pembelajaran hendaknya memberi kesempatan bagi peserta didik untuk melakukannya secara lancar dan termotivasi. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka dapat dirumuskan rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: Apakah dengan penerapan strategi pembelajaranstudents questions have dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Arjasa? Metode yang digunakan dalam penelitian diantaranya yaitu, pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Sedangkan yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Sementaraitu, teknikpengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan prosentase minat belajar siswa yang diukur melalui aspek-aspek minat, dan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa kondisi minat belajar saat prasiklus adalah 30%. Hasil tersebut mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 17%, sehingga prosentase minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI menjadi 47%. Peningkatan minat belajar juga bisa dilihat dari peralihan siklus I ke siklus II. Pada siklus II prosentase minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI meningkat sebesar 33% sehingga skor minat belajar siswa terhap PAI pada siklus II 81%.Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi students questions have dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas VIII B di SMPN 1 Arjasa.Dalam proses pembelajaran salah satu faktor terpenting ialah memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, apabila pemilihan strategi pembelajaran kurang tepat maka akan dapat menimbulkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkanPemilihan strategi yang tepat dalam pembelajaran sangat dibutuhkan agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dipahami oleh siswa sehingga siswa merasa senang dan aktif dalam pembelajaran. Mengingat belajar merupakan sebuah proses bagi peserta didik untuk membangun pemahaman sendiri maka kegiatan pembelajaran hendaknya memberi kesempatan bagi peserta didik untuk melakukannya secara lancar dan termotivasi. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka dapat dirumuskan rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: Apakah dengan penerapan strategi pembelajaranstudents questions have dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Arjasa? Metode yang digunakan dalam penelitian diantaranya yaitu, pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Sedangkan yang dijadikan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Sementaraitu, teknikpengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan prosentase minat belajar siswa yang diukur melalui aspek-aspek minat, dan prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa kondisi minat belajar saat prasiklus adalah 30%. Hasil tersebut mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 17%, sehingga prosentase minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI menjadi 47%. Peningkatan minat belajar juga bisa dilihat dari peralihan siklus I ke siklus II. Pada siklus II prosentase minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI meningkat sebesar 33% sehingga skor minat belajar siswa terhap PAI pada siklus II 81%.Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi students questions have dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas VIII B di SMPN 1 Arjasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 09:05 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 09:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18742 |
Actions (login required)
View Item |