Metode Dakwah KHR. Ach. Azaim Ibrahimy Dalam Meningkatkan Keterampilan Bertutur Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo

Heradikah, Vanni (2020) Metode Dakwah KHR. Ach. Azaim Ibrahimy Dalam Meningkatkan Keterampilan Bertutur Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vanni Heradikah_D20151019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dakwah merupakan suatu aktivitas yang mulia, menjadi kewajiban bagi setiap muslim serta bertujuan untuk memberikan informasi tentang Islam dan mengajak orang lain agar bersedia melakukan tindakan-tindakan yang mencerminkan nilai-nilai dakwah. Dakwah dapat dilakukan dengan cara bil-lisan yang lebih banyak memfokuskan pada penekanan informatif persuasif dan cara bil-hal. Namun dalam penyampaian dakwah tersebut tidak semudah diterapkan oleh orang yang mendengar. Maka harus menggunakan sebuah metode. Metode dakwah yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo Kiai Azaim dengan yaitu metode dakwah Bil- Hikmah bil-mau’idhoh hasanah dan Al-mujadalah. Fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut :(1) Bagaimana metode dakwah yang diterapkan KHR. Ach. Azaim Ibrahimy dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo (2) Apa saja kelemahan dan hambatan yang dihadapi KHR. Ach. Ahmad Azaim Ibrahimy dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo serta cara penanggulangannya. Tujuan penelitian ini adalah :(1) Untuk mendeskripsikan bagaimana metode dakwah yang diterapkan oleh KHR. Ach. Azaim Ibrahimy dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi oleh KHR. Ach. Azaim Ibrahimy dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo serta cara penanggulangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Metode Dakwah Khr. Ach. Azaim Ibrahimy Dalam Meningkatkan Keterampilan Bertutur Santri Salafiyah Syafi’iyah Situbondo adalah: (1) Metode dakwah yang diterapkan oleh Kiyai azaim di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah di Situbondo dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri yaitu dengan menggunakan metode dakwah bil hikmah, bil maudzatil hasanah, dan bil mujadalah. Masing – masing metode tersebut beliau terapkan setiap hari dalam pesantren dalam bentuk pengajian maupun kehidupan sehari- hari.(2) Kelemahan dan hambatan yang di hadapi oleh Kiyai Azaim dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo yaitu terletak pada santri dan para ustad atau pengurus yang berada di Pesantren, hambatan yang dihadapi oleh Kiyai dalam meningkatkan keterampilan bertutur santri tersebut sulit untuk menerapkan sehingga hal itu membuat kebiasaan seseorang untuk terampil dalam bertutur yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:05
Last Modified: 13 Feb 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item