Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember).

Ashari, Winning Son (2020) Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WINNING SON ASHARI_0849118013.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Mutu Lulusan, Afektif, Akhlak Mulia. Konteks penelitian ini adalah adanya kesenjangan yang terjadi antara tujuan yang diinginkan pemerintah dalam pendidikan nasional dengan hasil pendidikan saat ini yang nampaknya masih belum maksimal, terutama dalam hal mencetak pribadi yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Kondisi yang ideal di mana seharusnya mahasiswa yang sudah mengenyam pendidikan karakter sejak jenjang pendidikan SD hingga SMA memiliki intelektualitas dan karakter yang baik, namun yang tampak saat ini masih terbilang kurang menunjukkan hasil yang signifikan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter perspektif Islam dalam mewujudkan mutu lulusan di STDI Imam Syafi’i Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter perspektif Islam dalam mewujudkan mutu lulusan di STDI Imam Syafi’i Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember. Dalam penelitian ini peneliti hadir langsung di lokasi penelitian dan menggunakan metode purposive dalam menentukan subjek penelitian. Sumber data yang diteliti oleh peneliti adalah sumber data primer berupa kata-kata dan tindakan serta sumber data sekunder yang berupa sumber data tertulis berupa dokumen dan foto. Untuk pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan terstruktur, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan teknik Miles, Huberman dan Saldana, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan adanya kesadaran dari sivitasnya akan urgensi pendidikan karakter, perumusan tujuan dan arah serta strategi pendidikan karakter yang berpedoman pada nilai-nilai Islam dan mengacu pada visi misi lembaga serta dikombinasikan dengan regulasi pemerintah, analisis kebutuhan, filterisasi sumber daya manusia, dan digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id v pembentukan divisi khusus. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan pengarahan sumber daya manusia dan pelibatan para pemangku kepentingan yang relevan, penanaman prinsip-prinsip dasar sebagai pondasi kuat berakhlak mulia, dan menerapkan dua strategi pendidikan karakter melalui kurikulum dan hidden kurikulum yang berpedoman pada al quran dan hadis yang dikombinasikan dengan regulasi pemerintah dan disesuaikan dengan pembelajar Andragogi. (3) Evaluasi pendidikan karakter dengan penentuan indikator keberhasilan pendidikan karakter, kontrol dan pengawasan melalui tata pamong yang baik, metode evaluasi dan penilaian afektif yang tercatat berbasis muhasabah dan observasi silang serta pemetaan masalah dan tindak lanjut dari hasil evaluasi, melibatkan para pemangku kepentingan yang relevan dalam evaluasi dan penilaian afektif, uji kepuasan para pengguna lulusan untuk menjaga dan meningkatkan mutu lulusan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:05
Last Modified: 13 Feb 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item View Item