Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural pada Siswa di SMPN 01 Silo Tahun Pelajaran 2014/2015

Agustin, Yulia (2015) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural pada Siswa di SMPN 01 Silo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yulia Agustin_084111094.pdf

Download (993kB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan di sekolah, keragaman latar belakang budaya, keluarga, agama, dan lingkungan peserta didik dan pendidik dapat dijadikan sebagai lingkungan yang strategis untuk mengelola kemajemukan secara kreatif, sehingga konflik yang muncul sebagai dampak dari perubahan sosial dapat dikelola secara nalar dalam zona pendidikan di sekolah. Secara islam keberagaman atau perbedaan bukanlah harus menjadi konflik namun perbedaan itu merupakan suatu hikmah, yang mana antara individu yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi kekurangan masing-masing. Oleh karena itu maka sangatlah menuntut upaya guru utamanya guru PAI dalam menjalankan tugasnya sehingga tercipta suasana multikultural yang menumbuhkan semangat saling menghormati, toleransi, menghargai antar sesama. Karena pada faktanya tugas guru tidak hanya terfokus pada penyampaian materi (transfer of kowledge) saja akan tetapi bagaimana guru membimbing, membina serta mengarahkan agar semua siswa-siswi menjadi harmonis. Bertolak dari latar belakang diatas maka dapat di rumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?. 2. Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek pluralis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?. 3 Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek demokratis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. 2. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek pluralis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. 3. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek demokratis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field reseach. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan interview dan dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan model interaktif Milles and Hubberman dan validas data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun kesimpulan penelitian ini antara lain: 1. strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis yaitu melalui pembiasaan setiap hari untuk saling menghargai hak asasi orang, peduli antar teman serta menganjurkan untuk selalu bertegur sapa, senyum untuk hal interaksi. Khusus dalam pembelajaran selalu mengacu pada materi pelajaran dan berkolaborasi dengan guru bimbingan konseling (BK). 2. strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural pada digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix siswa dalam aspek pluralis yaitu melalui pemberian teladan yang baik, tidak melakukan diskriminasi terhadap anak serta mengorangkan anak yang minoritas dalam kegiatan. Untuk dalam pembelajaran selalu mengacu pada RPP dan silabus, mengikuti pola karakter anak serta menerapkan metode diskusi agar anak dapat menghargai pendapat temannya. 3. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural pada siswa dalam aspek demokratis yaitu dengan memberikan anjuran untuk selalu menjaga tali persaudaraan dan tidak membeda-bedakan antar siswa, melibatkan siswa dalam pemilihan muadzin, imam salat dan model pembelajaran serta memberikan kebebasan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnyaDalam konteks pendidikan di sekolah, keragaman latar belakang budaya, keluarga, agama, dan lingkungan peserta didik dan pendidik dapat dijadikan sebagai lingkungan yang strategis untuk mengelola kemajemukan secara kreatif, sehingga konflik yang muncul sebagai dampak dari perubahan sosial dapat dikelola secara nalar dalam zona pendidikan di sekolah. Secara islam keberagaman atau perbedaan bukanlah harus menjadi konflik namun perbedaan itu merupakan suatu hikmah, yang mana antara individu yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi kekurangan masing-masing. Oleh karena itu maka sangatlah menuntut upaya guru utamanya guru PAI dalam menjalankan tugasnya sehingga tercipta suasana multikultural yang menumbuhkan semangat saling menghormati, toleransi, menghargai antar sesama. Karena pada faktanya tugas guru tidak hanya terfokus pada penyampaian materi (transfer of kowledge) saja akan tetapi bagaimana guru membimbing, membina serta mengarahkan agar semua siswa-siswi menjadi harmonis. Bertolak dari latar belakang diatas maka dapat di rumuskan beberapa masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?. 2. Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek pluralis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?. 3 Bagaiman strategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek demokratis pada siswa di SPMN 01 Silo tahun pelajaran 2014/2015?.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. 2. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek pluralis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. 3. Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek demokratis di SMP 01 silo tahun pelajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field reseach. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan interview dan dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan model interaktif Milles and Hubberman dan validas data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun kesimpulan penelitian ini antara lain: 1. strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan pendidikan multikultural dalam aspek humanis yaitu melalui pembiasaan setiap hari untuk saling menghargai hak asasi orang, peduli antar teman serta menganjurkan untuk selalu bertegur sapa, senyum untuk hal interaksi. Khusus dalam pembelajaran selalu mengacu pada materi pelajaran dan berkolaborasi dengan guru bimbingan konseling (BK). 2. strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural pada digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix siswa dalam aspek pluralis yaitu melalui pemberian teladan yang baik, tidak melakukan diskriminasi terhadap anak serta mengorangkan anak yang minoritas dalam kegiatan. Untuk dalam pembelajaran selalu mengacu pada RPP dan silabus, mengikuti pola karakter anak serta menerapkan metode diskusi agar anak dapat menghargai pendapat temannya. 3. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural pada siswa dalam aspek demokratis yaitu dengan memberikan anjuran untuk selalu menjaga tali persaudaraan dan tidak membeda-bedakan antar siswa, melibatkan siswa dalam pemilihan muadzin, imam salat dan model pembelajaran serta memberikan kebebasan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:05
Last Modified: 13 Feb 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18746

Actions (login required)

View Item View Item