Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2014/2015.

Abidin, Zainal (2015) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zainal Abidin_084106049.pdf

Download (953kB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu proses perubahan seseorang untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. Belajar merupakan tugas seorang pelajar dan biasanya menjadi masalah para pelajar, salah satu penyebabnya antara lain karena mereka tidak disiplin dalam belajar. Disiplin belajar merupakan suatu proses yang perlu dibentuk dan dilatih secara terus menerus. Guru PAI sebagai seorang yang telah diberi wewenang untuk mendidik di suatu lembaga pendidikan tentunya turut berperan dalam pembentukan kedisiplinan belajar siswa. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan perananan guru PAI yang professional sehingga mampu memotivasi, mempengaruhi dan menggerakkan anggotanya untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan kadispilinan siswa sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif serta dapat membina kedisiplinan siswa sebagai generasi ummat Islam dan bangsa Indonesia agar tidak mengalami degradasi moral dan indisipliner disegala bidang. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2014/2015. ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan pemeriksaan secara konsepsional atau suatu pernyataan, sehingga dapat diperoleh kejelasan arti yang terkandung dalam pernyataan tersebut. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan Trianggulasi Sumber, observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1). Peranan guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2014/2015. adalah sangat penting karena guru agama islam bukan hanya mengajar disekolah melaikan guru PAI herus bisa memotivasi semangat dan membangun kedisiplinan siswa khususnya dalam belajar sehingga siswa dapat hidup mendiri. (2). Peranan guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam membentuk kedisiplinan siswa SMP Negeri 2 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2014/2015. Guru sebagai pembimbing yang menuntun siswa mengarahkan sendiri untuk melaksanakan peraturan- peraturan yang telah ditetapkan. dengan jalan memberikan dukungan dan arahan sesuai dengan ketepatan waktu dalam menjalankan tugas sehari hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:05
Last Modified: 13 Feb 2023 09:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18747

Actions (login required)

View Item View Item