Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam Dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 Di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Anam, Zainul (2019) Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam Dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 Di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAINUL ANAM_082121012.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pasca amandemen keempat UUD 1945 pada 2002, pemilihan presiden dan wakil presiden disepakati pemilihan langsung oleh rakyat dan dimasukkan ke dalam rangkaian pemilu. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 pilkada juga dimasukkan pada pemilu. Istilah pemilu lebih sering merujuk pada pemilihan anggota legislatif dan presiden yang diadakan setiap lima tahun sekali. Asas musyawarah juga termaktub dalam QS. al-Syu’ara:ayat 38 yang dijadikan rujukan oleh lembaga negara yang diimplementasikan dalam pemilu. Ketika pemilu PPWP, DPR RI, DPRD, masuk pada kehidupan masyarakat patron klien tokoh masyarakat di pedesaan menjadi sebuah keniscayaan. Salah satunya di desa Gunungsari. Perhatian peneliti terhadap peran tokoh agama dalam memenangkan calon anggota legislatif menjadikan penelitian ini menrik untuk didalami dengan judul penelitian Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam Dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 Di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam Dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember ? 2) Apa faktor pendukung Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jemberr ? 3) Apa faktor penghambat Komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan reduksi data, display data dan verivikasi data, kemudian untuk mendapatkan data yang absah peneliti melanjutkan dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tokoh masyarakat di desa Gunungsari dalam mengomunikasikan PPP dan PKB, menempuhnya dengan memberikan informasi kepada masyarakat umum, memperkenalkan visi-misi serta dari figur yang didukungnya dari PPP dan PKB, dan mengajak masyarakat untuk memilih calon yang diusungnya. Faktor pendukung dalam komunikasi Politik Tokoh Masyarakat Pada Partai Islam Dalam Menyikapi Pemilu Legislatif 2019 Di Desa Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember adalah adanya kesamaan bahasa, kultur budaya dan kedekatan emosional dengan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya pilihan yang telah ditentukan oleh masyarakat serta adanya sikap fanatik di tengah masyarakat sehingga tokoh masyarakat lebih memilih untuk tidak mengajak memilih kepada masyarakat supaya terhindar dari perselisihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:06
Last Modified: 13 Feb 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item