Sanksi pidana kejahatan penuntut anak di bawah umur perspektif hukum pidana positif dan hukum pidana islam: studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor:736/Pid.B/2018/PN.Jr. Skripsi, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Nafi'ah, Rizka (2023) Sanksi pidana kejahatan penuntut anak di bawah umur perspektif hukum pidana positif dan hukum pidana islam: studi Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor:736/Pid.B/2018/PN.Jr. Skripsi, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZKA NAFI'AH-S20184023_HPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Sanksi Pidana;Anak;Pemerkosaan
Pemerkosaan menjadi salah satu bentuk tindakan pidana yang akhir-akhir ini sering terjadi di lingkungan sekitar kita, terutama perselingkuhan terhadap anak di bawah umur adalah suatu kejahatan tingkat berat dan khusus, sehingga banyak peneliti yang mengangkat kejadian ini menjadi suatu topik pembahasan, salah satunya terjadi di Kabupaten Jember ini. Pemerkosaan banyak terjadi di kalangan anak-anak di bawah umur dan rata-rata pelakunya adalah orang terdekat dari si korban yang mana efek dari tindakan penyelesaian itu dapat menimbulkan gangguan terhadap korban, dalam penelitian ini peneliti mengambil contoh kasus pengadilan negeri jember yang mana dalam putusan tersebut hakim dirasa kurang mengacu pada ketentuan-undangan dan peneliti juga menganalisis hukuman dalam pandangan Hukum Pidana Islam.
Adapun fokus penelitian dari skripsi ini adalah 1. Bagaimana Pandangan Hukum Pidana positif terhadap putusan pengadilan negeri jember nomor 736/Pid.B/2018/PN.Jr terhadap sanksi pidana persetubuhan anak. 2. Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam terhadap putusan pengadilan negeri jember nomor 736/Pid.B/2018/PN.Jr terhadap sanksi pidana persetubuhan anak?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu 1. Untuk mengetahui pandangan hukum pidana positif terhadap putusan pengadilan negeri jember nomor 736/Pid.B/2018/PN.Jr. 2. Untuk mengetahui pandangan hukum pidana islam terhadap putusan pengadilan negeri jember nomor 736/Pid.B/2018/PN.Jr
Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan library research dengan menggunakan dua sumber bahan hukum yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, sedangkan teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen, yang kemudian dianalisis dengan analisis menggunakan kualitatif dengan menggunakan sifat analisis diskriptif. Dari metode penelitian ini memberikan suatu hasil penelitian 1. Bahwasanya dalam putusan tersebut penggunakan peraturan oleh hakim dianggap tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan 2. Dalam pandangan Islam Hukuman penjara terhadap anak bisa diberikan hukuman yang sangat berat yakni dengan memberikan hukuman tambahan berupa pembayaran mahar denda . Sehingga peneliti dapat memberikan sebuah kesimpulan 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ms Rizka Nafi'ah
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:46
Last Modified: 14 Feb 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18757

Actions (login required)

View Item View Item