Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Zakat Produktif (Studi Kasus di Lumbung Zakat Al-Ikhlas An Nur H.A Rambigundam Rambipuji Jember)

Baisuni, Ahmad (2015) Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Zakat Produktif (Studi Kasus di Lumbung Zakat Al-Ikhlas An Nur H.A Rambigundam Rambipuji Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD BAISUNI_083 102 068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zakat termasuk rukun Islam ketiga, merupakan ibadah maaliyah ijtima’iyyah yang menduduki posisi sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat baik dari sisi ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan umat, dan merupakan salah satu instrumen keuangan Islam yang dapat meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Zakat diambil oleh amil dari orang-orang yang mempunyai harta lebih dan dibagikan kepada mustahiq. Dalam penghimpunannya diharapkan untuk lebih maksimal agar potensi zakat semakin meningkat, dan pada akhirnya proses penyaluran dana zakat juga bisa lebih optimal, tidak hanya bersifat konsumtif namun juga bersifat produktif . Dengan adanya penyaluran dana zakat yang bersifat konsumtif dan produktif kepada mustahiq, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi para mustahiq. Pokok masalah dalam penelitiannya yaitu: bagaimana strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat poduktif (studi kasus di Lumbung Zakat Al-Ikhlas An-Nur H.A Rambigundam Ranbipujin Jember). Sedangkan sub pokok masalah meliputi (1) bagaimana mekanisme penghimpunan dana zakat produktif Lumbung Zakat Al-Ikhlas Rambigundam Rambipuji Jember? (2) bagaimana mekanisme penyaluran dana zakat produktif lumbung zakat Al-Ikhlas An-Nur H.A Rambigundam Rambipuji Jember? Tujuan umum dari penelelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat produktif yang dilakukan Lembaga Lumbung Zakat Rambigundam rambipuji Jember. Sedangkan tujuan khususnya meliputi (1) untuk mendeskripsikan mekanisme penghimpunan dana zakat produktif yang dilakukan lumbung zakat Al-Ikhlas An-Nur H.A (2) untuk mendeskripsikan mekanisme penyaluran dana zakat produktif yang dilakukan Lumbung Zakat Al-Ikhlas An-Nur H.A rambigundam Rambipuji Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat pada Lumbung Zakat Al-Ikhlas An Nur H.A Rambigundam Rambpuji Jember. Hasil penelitian ini adalah dalam penghimpunan dana zakat Lumbung Zakat Al-Ikhlas menggunakan layanan jemput zakat ke rumah para muzakki. Karena hal ini bertujuan untuk bisa meningkatkan jumlah muzakki serta bisa lebih mengoptimalkan penyaluran dana zakat produktif kepada yang berhak menerima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:44
Last Modified: 14 Feb 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item View Item