Gadai Emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam

Laili, Binti Nur (2015) Gadai Emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Binti Nur Laili_083 082 036.pdf

Download (680kB)

Abstract

Salah satu perbankan syariah yang menawarkan produk gadai emas adalah Bank Danamon Syariah Cabang Jember, Bank Danamon Syariah Cabang Jember sebagai bank besar di Indonesia menawarkan berbagai macam produk yang tergolong produk dana, produk pembiayaan, dan produk jasa. Produk-produk tersebut tentunya ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk yang banyak diminati di Bank Danamon Syariah Cabang Jember yaitu produk pembiayaan, salah satunya produk pembiayaan gadai emas syariah (Ar-Rahn) yang perkembangannya terus meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan dana masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana ketentuan gadai emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam perspektif hukum ekonomi Islam ? dan (2) Bagaimana upaya yang dilakukan Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam menyelesaikan permasalahan gadai emas? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketentuan gadai emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam perspektif hukum ekonomi Islam? Dan (2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam menyelesaikan permasalahan gadai emas? Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah : metode interview, observasi, dan dokumenter. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif naturalistik (deskriptif), artinya penelitian yang menghasilkan data dekskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dari skripsi ini adalah : Ketentuan gadai emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam perspektif hukum ekonomi Islam adalah akad qardh dan akad ijarah. Akad qardh dibuat oleh pihak Bank dengan pihak nasabah dalam hal transaksi gadai emas, sedangkan akad ijarah (sewa) dilakukan dalam hal penyewaan tempat untuk menyimpan barang (emas) yang digadaikan pada tempat penyimpanan barang (deposit box). Pelaksanaan akad ijarah tersebut membebankan pihak nasabah untuk memberikan imbalan jasa atau kompensasi kepada pihak bank atas penyewaan tempat (2) Upaya yang dilakukan Bank Danamon Syariah Cabang Jember dalam menyelesaikan permasalahan gadai emas. Upaya penyelesaian masalah dalam pelaksanaan gadai emas di Bank Danamon Syariah Cabang Jember adalah dalam menangani nasabah yang terlambat melakukan pembayaran angsuran atau perpanjangan akan proses dengan prosedur yang berlaku, menelpon nasabah sebelum jatuh tempo, mengirimkan Surat Peringatan ke nasabah hingga akhirnya penjualan barang jaminan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:24
Last Modified: 15 Feb 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18777

Actions (login required)

View Item View Item