Makna Air Susu Ibu Dalam Al-Qur’an “Kajian Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab”

Muniroh. A, Desi Zahrotul (2016) Makna Air Susu Ibu Dalam Al-Qur’an “Kajian Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DESI ZAHROTUL MUNIROH. A_082 122 031.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dewasa ini Perkembangan ilmu berjalan dengan pesat. Temuan-temuan baru kian terungkap, khususnya tentang kehidupan manusia saat ini, salah satunya yakni tentang ASI (Air Susu Ibu). Saat ini pemerintah sangat gencar sekali dalam memproklamirkan ASI Esklusif di negara ini, baik melalui media sosial, televisi dan sebagainya. Hal itu terjadi karena banyaknya ibu-ibu yang kian hari berpindah kepada susu formula, dan mengenyampingkan ASI dengan alasan yang kian banyak. Padahal hal tersebut adalah suatu keharusan yang telah lama Allah perintahkan di dalam AlQur’an, bahkan berabad-abad yang lalu. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana biografi M. Quraish Shihab? 2. Bagaimana corak dan metode tafsir al-misbah karya M. Quraish Shihab? 3. Bagaimana pemikiran M. Quraish Shihab dalam tafsirnya dalam memaknai ayat tentang ASI (Air Susu Ibu)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan biografi M. Quraish Shihab, Mendeskripsikan Corak dan Metode Tafsir Al Misbah karya M. Quraish Shihab. Serta bagaimana pandangan M. Quraish Shihab tentang ASI didalam Tafsir Al-Misbah. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan menambah khazanah ilmu pengetahuan, dan mengembangkan serta mengoreksi ilmu pengetahuan yang telah ada. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan kajian pustaka. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode dokumenter. Sumber data primer peneliti adalah kitab tafsir dan buku kedokteran yang berhubungan dengan ASI (Air Susu Ibu). Analisis data berupa analisis isi atau “content analisis”. Kemudian, hanya dianalisis menurut isinya dari data-data yang telah dikumpulkan, baik data primer maupun sekunder. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Ayat mengenai ASI dalam AlQur’an menandakan adanya penekanan atau ketegasan anjuran dari Allah untuk melakukan anjuran yang dimaksud sebagaimana tertera dalam kalam-Nya, yakni penyusuan selama dua tahun penuh. Selain penjelasan di dalam Al-Qur’an, para ahli juga berpendapat bahwasannya di dalam ASI terdapat kandungan yang sangat baik bagi kesehatan, yang mungkin tidak dimiliki oleh air susu lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:24
Last Modified: 15 Feb 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item View Item