Tinjauan Hukum Islam Terhadap Harga Penjualan Secara Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit (Studi kasus di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember)

Irwanto, Desta Jessy (2015) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Harga Penjualan Secara Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit (Studi kasus di Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DESTA JESSY IRWANTO_083 112 008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Hukum Islam, Perbedaan Harga Tunai dan Kredit Telah menjadi Sunnatullah bahwa setiap manusia hidup harus bermasyarakat, tolong menolong antara satu dengan yang lainnya. Sebagai mahluk sosial, manusia menerima dan memberikan andilnya pada orang lain. Selain bermu’amalah atau bekerja sama dengan orang lain dalam rangka memenuhi hajat hidup dan mencapai kemajuan dalam hidup. Dalam memenuhi hajat hidup manusia dilarang merugikan pihak lain dan diserukan agar tetap memelihara tali persaudaraan. Salah satu usaha untuk mencapai hajat hidup dan meningkatkan taraf hidup adalah dengan cara melakukan transaksi jual beli. Dalam Islam jual beli diperbolehkan dan hukumnya halal. Sedangkan yang menjadi permasalahan adalah apakah dibenarkan dalam sistem hukum Islam menjual barang dengan menaikkan harga artinya harga Non Tunai lebih tinggi dari pada harga tunai (kontan). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Harga Penjualan Secara Tunai Dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Harga penjualan Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Harga Penjualan Secara Tunai Dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember. 2) Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Harga Penjualan Secara Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dengan menganalisis Harga penjualan Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember secara Hukum Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Dalam praktiknya terdapat perbedaan harga dalam penjualan secara tunai dengan harga penjualan secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember. 2) Apabila ditinjau dari segi hukum Islam Terhadap Perbedaan Harga penjualan Tunai dengan Harga Penjualan Secara Kredit di Desa Mumbulsari Kec. Mumbulsari Kab. Jember adalah diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:24
Last Modified: 15 Feb 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item