Penerapan Prinsip Dasar Ekonomi Islam Pada Produk Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember

Rohmawati, Fidatur (2015) Penerapan Prinsip Dasar Ekonomi Islam Pada Produk Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIDATUR ROHMAWATI_083 112 087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam sebagai konsep yang mengatur tentang muamalah tidak terlepas dari prinsip dasar ekonomi Islam yang harus dipegang teguh dalam menjalankan perekonomian Islam. Prinsip dasar ekonomi Islam diibaratkan sebuah kerangka, yaitu : Tauhid, Adl’, Nubuwwah, Khilafah, Maad. Dari hal yang disebut diatas, maka lahirlah penerapan prinsip dasar ekonomi Islam yang dipraktekan dalam dunia perbankan syari’ah. Namun yang menjadi permasalahan saat ini apakah perbanakan yang bernotabene syari’ah telah menerapkan prinsip dasar ekonomi Islam pada sistem operasionalnya. Oleh karena itu perlu dilakukan fokus masalah tentang penerapan prinsip dasar ekonomi Islam pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Jember sebagai Objek yang peneliti teliti. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana penerapkan prinsip tauhid pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana penerapan prinsip adil pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember? 3) Bagaimana penerapan prinsip nubuwwah pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip tauhid pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip adil pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip nubuwwah pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember. Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, maka metode yang digunakan oleh peneliti di Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember mengunakan penalitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam penentuan populasi mengunakan porpuse sampling berdasarkan cara mengambil subjek berdasarkan tujuan tertentu. Adapun teknik pengumpulan datanya ialah mengunakan pengumpulan data dari observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian akan menghasilkan data, sehingga data yang didapat tersebut dilakukan analisis datanya dengan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh selama penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik sebuah disimpulan, bahwa: 1) penerapan prinsip Tauhid pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember telah menerapkan prinsip Tauhid pada sistem operasionalnya, yaitu: menerapkan akad wadi’ah, mudharabah dan murabahab . 2) penerapan prinsip adil pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember telah menerapkan prinsip Adil pada sistem operasionalnya, yaitu pada produk Deposito dan Unit Mikro. 3) penerapan prinsip Nubuwwah pada sistem operasional Bank BRI Syari’ah Kantor Cabang Jember telah menerapkan prinsip Nubuwwah pada sistem operasionalnya, yaitu jujur, tanggung jawab, cerdik dan transparan dalam menjalankan sistem operasionalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:25
Last Modified: 15 Feb 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18791

Actions (login required)

View Item View Item