Fonetik dan Fonologi al-Qur’an (Studi Kasus PPTQ Nahdhotut Tholabah Wuluhan Jember Tahun 2015).

Amalia, Kammia Rizqa (2015) Fonetik dan Fonologi al-Qur’an (Studi Kasus PPTQ Nahdhotut Tholabah Wuluhan Jember Tahun 2015). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KAMMIA RIZQA AMALIA_082 112 022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemukjizatan al-Qur’an dalam segala aspek, menyebabkan al-Qur’an relevan untuk setiap masa. Ilmuwan sejak dini telah mencurahkan perhatian yang sangat besar terhadap pemeliharaan al-Qur’an agar terhindar dari distorsi, baik bacaan maupun makna. Diantara upaya yang mereka lakukan adalah mendiskripsikan makhraj dan sifat-sifat bunyi al-Qur’an dengan sangat detail, melebihi deskripsi yang dilakukan ilmuwan lain sampai sekarang. Ilmu bunyi alQur’an tersebut mereka populerkan dengan nama ilmu tajwid dan ilmu qira’at. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana konsep fonetik dan fonologi al-Qur’an? 2. Bagaimana penerapan fonetik dan fonologi al-Qur’an di PPTQ Nahdhotut Tholabah Wuluhan Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fonetik dan fonologi al-Qur’an dan untuk mengetahui penerapan fonetik dan fonologi al-Qur’an yang diterapkan di PPTQ Nahdhotut Tholabah Wuluhan Jember. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan menambah khazanah ilmu pengetahuan dan wawasan keilmuan dalam fonetik dan fonologi al-Qur’an dan penerapannya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam , observasi partisipan dan dokumentasi. Sumber data primer peneliti adalah informan. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh data yang valid peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penerapan fonetik alQur’an di PPTQ Nahdhatut Tholabah adalah seputar makhraj dan sifat. Sedangkan fonologi al-Qur’an penerapannya adalah waqaf saja. Seputar suprasegmental bagian intonasi dan tekanan pembelajarannya mengikuti Kyai. Jadi, fonologi al-Qur’an tidak ada penerapannya. Terlihat dari banyaknya santri yang lulus SMA atau SMK , maka dari itu perlu adanya jenjang selanjutnya dan way of life dari al-Qur’an dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:47
Last Modified: 16 Feb 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item