Perilaku Pacaran di Kalangan Remaja Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Asmarani, Lintang Zein (2018) Perilaku Pacaran di Kalangan Remaja Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lintang Zein Asmarani_083141009.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pacaran adalah serangkaian aktivitas bersama yang diwarnai keintiman, serta adanya keterikatan emosi antara pria dan wanita yang belum menikah dengan tujuan untuk saling mengenal dan melihat kesesuaian antara satu sama lain sebagai pertimbangan sebelum menikah. Tetapi pada kenyataannya di Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember justru tiap tahunnya selalu ada kejadian hamil diluar nikah akibat berpacaran di kalangan remaja, maka peneliti memilih fenomena ini untuk diteliti Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perilaku pacaran di kalangan remaja Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran orangtua dalam elakukan pengawasan remaja berpacaran di Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan Penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui perilaku pacaran di kalangan remaja Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, yang kedua untuk mengetahui peran orangtua dalam melakukan pengawasan remaja berpacaran di Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif. Dimana model penelitian ini adalah catatan lapangan. Sumber penelitian diperoleh terdiri dari 2 sumber, yaitu 1) sumber data primer diperoleh dari ifnformasi narasumber yang mengetahui fenomena tersebut, 2) sumber data sekunder diperoleh dari Al-Quran, buku, internet dan jurnal yang berhubungan dengan pacaran dan hukumnya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Bahwa perilaku atau pola pacaran di kalangan remaja Dusun Krajan Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember berdasarkan penelitian adalah remaja yang dalam pola berpacarannya hingga hamil diluar nikah sebesar 38%. Dan juga yang dalam pola berpacarannya berpegangan tangan, ciuman, pelukan saja sebesar 44%. Namun ada juga yang hanya bertamu mencapai 12%, kemudian hanya dengan chatting pada media sosial sebesar 6% 2) peran orangtua dalam melakukan pengawasan remaja berpacaran adalah orangtua yang membolehkan anak berpacaran dan memberi nasehat sebesar 44%, namun juga ada sebagian orangtua yang memberi izin untuk bermalam sebesar 12%, kemudian orangtua yang tidak membolehkan berpacaran sebesar 44%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:02
Last Modified: 16 Feb 2023 05:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18815

Actions (login required)

View Item View Item