Nilai-nilai Edukasi dalam Surat Luqman Ayat 13-19 tentang Pembentukan Akhlak pada Anak dan Implementasi di SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School).

Khoiriyah, Maftuhatul (2016) Nilai-nilai Edukasi dalam Surat Luqman Ayat 13-19 tentang Pembentukan Akhlak pada Anak dan Implementasi di SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAFTUHATUL KHOIRIYAH_082 122 036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kegelisahan penulis terhadap peristiwa yang sering terjadi saat ini. Banyak berita beredar bahwa anak zaman sekarang berperilaku yang tidak sesuai dengan usianya, Tidak sedikit dari mereka yang sudah terlibat dengan hal-hal yang negatif seperti halnya narkoba, perkelahian, seks bebas, dan lain sebagainya. Maka dari itu pembentukan karakter pada anak sangatlah penting karena sangat berpengaruh untuk masa depan anak, berawal dari permasalahan tersebut, SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) berusaha menanamkan nilai-nilai edukasi dalam al-Qur’an khususnya nilai-nilai yang terdapat pada surat Luqman ayat 13-19 untuk mengatasi problema tersebut. Yang menjadi permaslahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman para pendidik di SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) tentang nilai-nilai edukasi surat luqman ayat 13-19 dan peranannya dalam pembentukan akhlak pada anak serta bagaimana implementasi SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) dalam menerapkan pembentukan akhlak pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman para pendidik di SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) tentang nilai-nilai edukasi surat luqman ayat 13-19 dan peranannya dalam pembentukan akhlak pada anak serta implementasi SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) dalam menerapkan pembentukan akhlak pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School). Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Pemahaman para pendidik SD Al-Baitul Amien Jember (Full Day School) tentang nilai-nilai Edukasi dalam QS. Luqman ayat 13-19 dan Peranannya dalam Pembentukan akhlak pada Anak meliputi; a. visi misi, b. pemberian teori di kelas, c. keteladanan, d. tim afeksi, e. aplikasi, dan f. kerja sama dengan wali murid. Adapun Implementasi SD AlBaitul Amien Jember (Full Day School) dalam Menerapkan Pembentukan akhlak pada Anak yaitu a. Pemberian teori, b. Tausiyah, c. Budaya Sekolah, d. Keteladanan, e. Tim afeksi, dan f. Membangun kerja sama dengan para wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:03
Last Modified: 16 Feb 2023 05:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item