Problematika Penyelesaian Klaim Meninggal Dunia di Asuransi Jiwa Bumiputra Syariah Jember.

Kibtiyah, Mariatul (2015) Problematika Penyelesaian Klaim Meninggal Dunia di Asuransi Jiwa Bumiputra Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mariatul Kibtiyah_083 112 077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam Asuransi Syari’ah atau biasa disebut dengan takaful adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih yang mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk tertanggung karena kerugian-kerugian atau kehilangan keuntungan. Seringkali timbul hambatan-hambatan pada pelaksanaan penyelesaian klaim asuransi. Contoh kasusnya seperti lambannya penanganan berkenaan dengan cairnya uang tuntutan ganti kerugian yang seharusnya menjadi hak tertanggung disebabkan karena lambatnya proses persetujuan dari Kantor Pusat Perusahaan Asuransi, kelalaian agen petugas asuransi dalam bentuk tidak disetorkannya premi kepada perusahaan asuransi sehingga dibebankan kepada pemegang polis, hambatan penyelesaian klaim asuransi karena disebabkan tidak lengkapnya dokumen-dokumen yang harus dipenuhi pada saat pengajuan klaim sehingga hal ini dapat memperlambat proses pelaksanaan klaim asuransi jiwa. Maka perusahaan asuransi jiwa tersebut perlu melakukan upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-habatan tertentu agar proses pelaksanaan penyelesaian klaim berjalan dengan lancar. Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana penyelesaian klaim meninggal dunia di Bumiputra Syariah Jember, apa saja hambatan-hambatan pemegang polis asuransi jiwa dan pihak asuransi saat proses penyelesaian klaim meninggal dunia di Bumiputra Syariah Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendiskripsikan penyelesaian klaim meninggal dunia di Bumiputra Syariah Jember, untuk mendeskripsikan apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi pemegang polis asuransi jiwa dan pihak asuransi saat proses penyelesaian klaim meninggal dunia di BUMIPUTRA Syari’ah Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya field Research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini : Penyelesaian klaim meninggal dunia di Bumiputra Syariah Jember sudah memenuhi ketentuan-ketentuan hukum yang mana perusahaan asuransi harus membayar klaim paling lama 30 hari adanya kesepakatan antara tertanggung dan penanggung atau mengenai jumlah klaim yang haruus dibayar. Yang sudah sesuai dengan Pasal 27 Keputusan Menteri Keuangan No. 422/KMK.06/2003 Tahun 2003 tentang Penyelenggara Asuransi dan Perusahaan Reasuransi yang berbunyi: “Perusahaan Asuransi harus telah membayar klaim paling lama 30 hari sejak adanya kesepakatan antara tertanggung dan penanggung atau kepastian mengenai jumlah klaim yang harus dibayar”, Hambatan yang terjadi dikarenakan kelalaian dari pihak tertanggung pada saat pengajuan klaim tidak melengkapi syaratsyarat yang sudah ditentukan pihak lembaga, tidak lancar dalam pembayaran premi, dan ada ketidak jujuran pada saat awal perjanjian. Sehingga pihak lembaga bisa memperlambat proses penyelesaian klaim tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:03
Last Modified: 16 Feb 2023 05:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item View Item