Aplikasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Falah Dusun Durenan Desa klompangan Ajung Jember).

Rohmah, Miftahur (2015) Aplikasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Falah Dusun Durenan Desa klompangan Ajung Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahur Rohmah_082102022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran membaca al-Qur’an cenderung hanya sekedar membaca dan menghafal, tetapi tidak memahami sifat masing-masing huruf.Menyadari hal ini, banyak para pendidik Islam mencoba mencari cara baru dalam mengajarkan alQur’an dengan tartil dan teliti, cepat, tepat dan benar sesuai dengan kaidah tajwid, sehingga lebih praktis dan efektif.Diantaranya adalah metode Qira’ati.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan aplikasi metode Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an di PPTQ Al-Falah Ajung. Fokus penelitian ini adalah: bagaimana pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan Metode Qira’ati di pondok pesantren al-Falah Ajung? Sedangkan sub fokus penelitannya yaitu:(1)Bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode Qira’ati di Pondok Pesantren Al-Falah Ajung Jember?:(2)Bagaimana pembelajaran menulis al-Qur’an dengan metode Qira’ati di Pondok Pesantren Al-Falah Ajung Jember?: (3)Bagaimana pembelajaran menghafal al-Qur’an dengan metode Qira’ati di Pondok Pesantren Al-Falah Ajung Jember?; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui melalui studi lapangan yang dilaksanakan di PPTQ Al-Falah yang mengajari Qira’ati dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode pengumpulan datanya di peroleh dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut:(1) Pembelajaran membaca dengan menggunakan metode Qira’ati di PPTQ Al-Falah cenderung menggunakan metode klasikal individual, karena selain guru yang membimbing dalam menyimak bacaan santri, peserta didik yang lain ikut berperan dalam proses pembelajaran. Kegiatannya dengan membaca bersama kemudian salah satu peserta didik ditunjuk guru untuk membaca sedangkan peserta didik yang lain menyimak. Dari situlah peserta didik akan belajar konsentrasi dalam pembelajaran al-Qur’an.(2) Dari ketiga metode Qira’ati (individual, klasikal individual, klasikal baca simak) yang diterapkan di PPTQ al-Falah dalam pembelajaran menulis hanya dua metode yang digunakan, yaitu metode Qira’ati individual dan klasikal individual. Pembelajaran menulis dengan menggunakan metode Qira’ati individual maupun klasikal individual hanya dipakai untuk TPQ anak saja.(3) Dalam pembelajaran menghafal al-Quran, metode Qira’atiklasikal individual dan klasikal baca simak hanya digunakan untuk santri yang mengikuti program tahfidz Qira’ati. Walaupun mereka mengikuti tahfidz Qira’ati akan tetapi dalam hafalan, maupun menyetorkan hafalan, mereka tidak diharuskan memakai lagu Qira’ati. Mereka memakai lagu Qira’ati ketika dalam kegiatan muraja’ah bersama saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:03
Last Modified: 16 Feb 2023 05:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item View Item