Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember)

Mustovi, Muhammad Hasan (2015) Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD HASAN MUSTOVI_083 112 013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Persepsi, Motivasi, Mahasiswa, E-Commerce. Perkembangan teknologi informasi dan internet pada saat ini memang sangat cepat dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehinga dapat berinteraksi, berkomunikasi bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. Selain itu perkembangan teknologi dan internet ini juga telah masuk kepada semua lapisan masyarakat, tak terkecuali kepada pelajar atau mahasiswa. Budaya baru yang terjadi dikalangan mahasiswa di Indonesia saat ini adalah melakukan transaksi jual beli online (E-Commerce) baik yang bertindak sebagai penjual ataupun hanya sebagai konsumen/pembeli. Oleh karena itu perlu diadakan pengkajian lebih dalam tentang persepsi dan motivasi mahasiswa dalam melakukan transaksi jual beli online (E-Commerce). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember)? 2) Apakah motivasi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember)? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember). 2) Untuk mendeskripsikan motivasi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce (studi kasus mahasiswa Fakultas Syariah Program Studi Muamalah IAIN Jember). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dengan menganalisis transaksi E-Commerce yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Persepsi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce sudah cukup baik, karena mereka telah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan transaksi E-Commerce baik itu dari segi hukum, mekanisme dan juga segi Kelebihan dan kekurangannya. 2) Motivasi mahasiswa terhadap transaksi E-Commerce dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor instrinsik yang terdiri dari kemauan, kemampuan dan kebutuhan, serta faktor ekstrinsik yang terdiri dari lingkungan keluarga, tempat kerja (kampus) dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:04
Last Modified: 16 Feb 2023 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18833

Actions (login required)

View Item View Item