Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Di BMT Sidogiri CAPEM Kaliwates Jember.

Fauziah, Nanda Nilta (2015) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Di BMT Sidogiri CAPEM Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NANDA NILTA FAUZIAH_083102054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin meningkat, baik perusahaan yang bergerak di bidang industri, perdagangan maupun perusahaan jasa. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan nasabah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan jasa memerlukan berbagai usaha agar tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai. CRM merupakan keseluruhan proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan menghantarkan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. proses ini berhubungan dengan semua aspek untuk meraih, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh secara parsial CRM terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Jember? Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah ada pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian field research ( penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, observasi, dokumentasi, wawancara. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t) dapat diketahui bahwa variabel CRM memiliki nilai thitung sebesar 6.967 dengan nilai signifikannya sebesar 0,003 < 0,05 dan dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,986 hasilnya thitung 6.967> ttabel 1,986, maka CRM terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Jember. Kata kunci: Customer relationship management, loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:04
Last Modified: 16 Feb 2023 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item