Sistem Pembiayaan Akad Gadai Emas Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung Jember.

Maula, Nindia Hikmatul (2015) Sistem Pembiayaan Akad Gadai Emas Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NINDIA HIKMATUL MAULA_083 112 083.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Pegadaian Syariah merupakan kegiatan keuangan yang berupa pembiayaan atau kredit dalam bentuk peny aluran dana kepada masyarakat atas dasar hukum gadai syariah. Tugas pokoknya adalah memberikan bentuk tolong menolong yang telah dianjurkan oleh Islam yang bisa dalam bentuk gadai. Dalam hal gadai, hukum Islam sangat menjaga kepentingan kreditur, jangan sampai pihak kreditur dirugikan. Secara operasional konsepnya menggunakan bentuk Syariah Islam. Disetiap bulannya bisa melakukan pelelangan dengan jumlah yang banyak dengan alasan tidak dapat menebus uang sewa pada barang yang dijaminkan tersebut, juga terdapat perilaku nasabah yang telat dalam pembayaran uang sewa jaminan di setiap bulannya. Adapun kendala lain yang tekait di atas yaitu kurangnya sosialisasi dan pomosi lembaga dengan masyarakat, persaingan antar lembaga lain dan terbatasnya sumber daya manusia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : a) Bagaimana sistem pembiayaan akad gadai emas dalam perspektif ekonomi Islam di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung jember.? b) Apa kendala sistem pembiayaan akad gadai emas dalam perspektif ekonomi Islam di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung Jember.? c) bagaimana upaya penyelesaian kendala sistem pembiayaan akad gadai emas dalam perspektif ekonomi Islam di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung Jember.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem pembiayaan akad gadai emas dalam perspektif ekonomi islam di PT Pegadaian Syariah Unit Pasar Tanjung Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatam kualitatif (deskriptif), artinya penelitianyang telah menghasilkan data secara deskriptif berupa kalimat tertulis dan ucapan (lisan) dari orang-orang dan perilaku yang telah diamati. Tujuannya untuk mencari data deskriptif berupa ucapan dan perilaku dari objek penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode interview, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pembiayaan akad gadai emas dalam perspektif ekonomi Islam Di PT Unit Pegadaian Syariah Pasar Tanjung Jember adalah ketentuan gadai emas pada PT Unit Pegadaian Syariah ini terdapat 2 akad yaitu akad gadai (rahn) dan akad sewa (ijarah). Kendala yang terjadi karena nasabah rata-rata terlambat membayar angsuran, barang jaminan bermasalah, persaingan antar lembaga, kurangnya sosialisasi, dan terbatasnya SDM. Upaya penyelesaian kendala dengan adanya yang berlaku menghubungi nasabah dan mengirimkan surat peringatan kepada nasabah, melihat uji tingkat kesulitan barang, tidak memiliki kelalaian dan lebih teliti dalam menaksir barang, memiliki tolak ukur kepuasan nasabah, perbanyak promosi dan memiliki keahlian terampil dalam melayani nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:04
Last Modified: 16 Feb 2023 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item