Strategi Gus Fadil Muzakki Syah dalam Membentuk Keluarga Poligami Harmonis pada Pernikahan Poligami Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember

Azizah, Nur (2018) Strategi Gus Fadil Muzakki Syah dalam Membentuk Keluarga Poligami Harmonis pada Pernikahan Poligami Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AZIZAH_083 141 102.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keharmonisan dalam rumah tangga adalah hal yang diidamkan oleh setiap pasangan suami isteri, begitupun bagi keluarga poligami, eksistensi keluarga poligami sering menjadi kontroversi didalam banyak kalangan, diantaranya para pelaku poligami sering kali tidak mampu berlaku adil, misalkan dalam pemenuhan hak dan kewajibannya terhadap para isterinya sehingga isteri pertama harus menanggung beban psikologi yang berat, begitupun dengan anak, ketika seorang suami mempunyai isteri lebih dan memiliki anak dari isteri yang lain, tidak jarang seorang anak akan mengalami kekurangan kasih sayang dari sosok sang ayah sehingga berakibat negatif terhadap keberlangsungan hidup sang anak. Namun pada realita yang ada ternyata tidak sedikit bagi keluarga poligami yang berhasil mewujudkan keluarga poligaminya bisa hidup dengan harmonis, misalnya saja keluarga Gus Fadil Muzakki Syah yang merupakan putra pengasuh yayasan AlQodiri Jember, dalam poligami dengan tiga isteri yang selalu hidup bersama dalam satu rumah Gus fadil mampu membuat keluarga poligaminya hidup harmonis tanpa adanya hal negatif yang disebut-sebut sebagai akibat negatif dari poligami pada umumnya. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti memilih fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana pandangan Gus Fadil Muzakki Syah terhadap keluarga poligami harmonis dan strategi pencapaiannya?. b) Bagaimana strategi pemenuhan hak dan kewajiban terhadap isteri dalam keluarga Gus Fadil Muzakki Syah?. c) Bagaimana strategi pemenuhan hak dan kewajiban terhadap anak dalam keluarga Gus Fadil Muzakki Syah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi putra Al-QodiriGus Fadil Muzakki Syah dalam membentuk keluarga harmonis pada pernikahan poligami. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif, dalam penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Pandangan Gus Fadil Muzakki Syah terhadap keluarga harmonis dan pencapaianya, keluarga harmonis dalam pandangan Gus Fadil Muzakki Syah adalah sebuah keluarga yang didalamnya terdapat sakinah mawaddah dan rahmah,keluarga harmonis dalam keluarga poligami adalah keluarga yang didalamnya terdapat keakuran dan kerukunan diantara para isteridan anak. Sedangkan strategi pencapaiannya dengan beberapa prinsip diantaranya, yaitu prinsip keterbukaan antara suami dan para isteri dalam keluarga, prinsip kebersamaan (hidup satu rumah). Dan prinsip “S4M” yaitu (saling menerima, saling menghormati, saling menyayangi, dan saling menasehati).2) Strategi pemenuhan hak dan kewajiban Gus Fadil muzakki syah adalah dengan cara adil yang proporsional meniadakan bentuk pembedaan secara tegas, atau kecondongan terhadap salah satu (para istri atau anak), dengan perlakuan yang sama atas prinsip keterbukaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:04
Last Modified: 16 Feb 2023 05:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item View Item