Sistem kredit mikro dan tinjauannya berdasarkan hukum ekonomi Islam (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam GENTHA). Skripsi. Jember: IAIN Jember

Ernawati, Saroh (2015) Sistem kredit mikro dan tinjauannya berdasarkan hukum ekonomi Islam (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam GENTHA). Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saroh Ernawati_083 112 120.pdf

Download (26MB)

Abstract

Sebagai pelaku ekonomi, faktor-faktor produksi merupakan penunjang untuk keberhasilan suatu usaha. Salah satunya adalah usaha mikro, yaitu usaha yang bersifat padat karya karena tidak membutuhkan persyaratan seperti tingkat pendidikan dan tekhnologi yang digunakan cenderung sederhana. Tetapi salah satu faktor produksi yang menjadi penghambat usaha tersebut adalah permodalan. Padahal modal merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan pendapatan, produksi dan kinerja suatu usaha. Sesuai dengan hal tersebut, maka suatu lembaga keuangan dibutuhkan untuk memberikan kredit kepada pelaku-pelaku usaha mikro, salah satunya adalah koperasi. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah: 1) Bagaimana mekanisme pengajuan kredit mikro di Koperasi Simpan Pinjam GENTHA?; 2) Bagaimana pandangan nasabah terhadap sistem kredit mikro di Koperasi Simpan Pinjam GENTHA?; 3)Bagaimana tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap sistem kredit di Koperasi Simpan Pinjam GENTHA? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Koperasi Simpan Pinjam GENTHA. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian; 1) Mekanisme pengajuan kredit mikro di KSP GENTHA tidak memberatkan nasabah, karena mulai proses pengajuan, pencairan, sistem kredit, jangka waktu angsuran, dan sistem jaminan sangat mudah, dan jika terjadi wanprestasi juga diselesaikan dengan sistem kekeluargaan. 2) Pandangan nasabah mengenai sistem kredit mikro yang diberikan oleh KSP GENTHA kepada nasabahnya selain sistem kreditnya mudah juga berdampak positif untuk menunjang pendapatan usaha, dibuktikan dengan beberapa pernyataan yang dikemukakan oleh nasabah setelah mendapatkan kredit yang awalnya jumlah barang dagangannya terbatas menjadi bertambah setelah mendapat bantuan modal dari KSP GENTHA. Begitu juga dengan keuntungan yang didapat juga semakin bertambah. Jadi modal usaha dari KSP GENTHA sangat menunjang keuntungan usaha nasabah. 3) Sistem kredit KSP GENTHA menggunakan sistem yang berbasis bunga dan denda, berdasarkan tinjauan hukum ekonomi Islam mengenai sistem bunga, banyak pendapat dan tanggapan di kalangan para ulama ada yang memperbolehkan adanya sistem bunga karena bunga yang diambil merupakan bunga produktif dan pemungutan bunga masih dalam batas-batas yang masih normal dan ada yang tidak memperbolehkan karena bunga merupakan tambahan yang dikenakan dalam transaksi pinjaman uang. Sedangkan denda itu boleh dilakukan sesuai dengan Surah Al-Anfal: 27. Kata Kunci: Kredit Mikro, Hukum Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:19
Last Modified: 16 Feb 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item View Item