Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Akad Tabarru’ Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember.

Sari, Tenti Tri Erminda (2015) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Akad Tabarru’ Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tenti Tri Erminda Sari_083 112 084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akad yang mendasari asuransi syariah adalah akad tabarru’. Dalam akad ini pemberi dengan ikhlas memberikan sesuatu dalam bentuk kontribusi atau premi tanpa ada keinginan untuk menerima apapun dari orang yang menerima kontribusi atau premi tersebut. Dalam perusahaan asuransi syariah yang akan diteliti apakah akad tabarru’ tersebut benar-benar telah dilakukan sesuai syariat Islam atau masih mengadopsi dari asuransi konvensional. Oleh karena alasan inilah yang kemudian peneliti tergerak untuk meneliti tentang pelaksanaan akad tabarru’ apakah telah sesuai dengan syariat Islam. Fokus masalah yang ada dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember ?. 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember ?. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember. Sekaligus untuk Mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan menganalisis pelaksanaan akad tabarru’ sekaligus juga tinjuan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad tabarru’ tersebut. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember, Dalam pelaksanaannya sendiri dana tabarru’ ini diberikan oleh peserta dengan niat tulus dan ikhlas untuk tujuan saling membantu dan tolong menolong diantara peserta atau nasabah yang mengalami musibah atau meninggal dunia. Dana klaim diambil dari rekening tabungan peserta yang dipotong sesuai kesepakatan awal. 2) Menurut hukum Islam, pelaksanaan akad tabarru’ pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember dalam pelaksanaannya akad tabarru’ di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Syariah Jember telah sesuai dengan prinsip syariat Islam dengan cara menghilangkan sama sekali kemungkinan yang dilarang agama seperti maysir, riba dan gharar. Karena usaha asuransi Bumiputera Syariah ini lebih menekankan pada keadilan dan menghidupkan kebersamaan dalam menghadapi risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012722 al-Takaful (Islamic Insurance)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:12
Last Modified: 16 Feb 2023 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item