ANALISIS STRATEGI KIAI DALAM PEMBUDAYAAN ENTREPRENEURSHIP PARA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assunniyah, Madinatul Ulum, dan Al Bidayah Kabupaten Jember)

Munir, Miftahul (2023) ANALISIS STRATEGI KIAI DALAM PEMBUDAYAAN ENTREPRENEURSHIP PARA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assunniyah, Madinatul Ulum, dan Al Bidayah Kabupaten Jember). Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS MUNIR.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Munir, SE. 2019. Analisis Strategi Kiai Dalam Pembudayaan Entrepreneurship Para Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Assunniyah, Madinatul Ulum, Dan Al Bidayah). Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I. Pembimbing II: Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I
Kata Kunci : Strategi, Pembudayaan, Enterpreneurship

Permasalahan klasik yang terkadang dialami oleh pondok pesantren adalah mengenai strategi baik dalam manajemen waktu, strategi dalam penerapan usaha yang dilakukan dan juga ketersediaan sumber daya manusia profesional yang belum memadai. Demi menjaga keberlangsungan hidup dan perekonomian santri ketika sudah menjadi alumni, maka pesantren melakukan terobosan dengan memberikan keterampilan dengan harapan ilmu tersebut kelak dapat dimanfaatkan, sehingga dibutuhkan strategi pesantren yang ideal, efektif, efisien, dan profesional dalam Pembudayaan Entrepreneurship santri baik dari segi bakat dan minat santri.
Fokus Penelitian dalam ini adalah : 1. Bagaimana strategi kiai dalam pembudayaan entrepreneurship di kalangan para santri. 2. Bagaimana dampak pembudayaan entrepreneurship di kalangan para santri. 3. Apa saja kendala dalam pembudayaan entrepreneurship.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, penentuan subyek penelitian mengunakan purposive sampling, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa strategi yang dilakukan kiai dalam membudayakan entrepreneurship yaitu; motivasi, reward, pelatihan, dan menyediakan tempat praktek. Dampak pembudayaan entrepreneurship dikalangan para santri sendiri ialah; mendapatkan ilmu di luar ilmu keagamaan, memiliki keterampilan hidup, menguatkan mental, dan menjadi enterprenuership. Adapun kendala dalam pembudayaan entrepreneurship yaitu; kesulitan dalam mengetahui niat santri mengikuti kegiatan, kesulitan dalam memenuhi semua minat santri, kesulitan dalam mencari pengganti apabila santri telah berhenti dan kurang bisa menyeimbangkan kegiatan sehingga menyebabkan kurang maksimalnya penjualan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: MIFTAHUL MUNIR MUNIR
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18869

Actions (login required)

View Item View Item